BBM Minim Hambat Bantuan ke Mentawai

Tsunami Mentawai
Sumber :
  • AP Photo/ Setwapres

VIVAnews - Proses evakuasi korban tsunami di Mentawai, Sumatera Barat, belum berjalan optimal. Tim Search and Rescue (SAR) mengalami kesulitan saat bertugas di sana.

Minimnya persediaan bahan bakar minyak (BBM) di Pagai Utara, Mentawai membuat evakuasi terhambat. Belum lagi medan yang sulit dijangkau.

Transportasi paling efektif untuk menjangkau sekitar 60 dusun di daerah kepulauan ini hanyalah speed boat. Namun BBM untuk mengoperasikan speed boat kini sulit di dapat. "Padahal hanya speed boat yang bisa menjangkau wilayah itu," kata Joskamatir, Kepala BPBD Pagai Utara Selatan dari Sikakap pada VIVAnews, Kamis, 28 Oktober 2010.

“Kita harus mutar-mutar dulu untuk mendapatkan bahan bakar speed boat,” ujarnya.

Saat ini, Kecamatan Sikakap yang merupakan kecamatan induk bagi Pagai Utara Selatan menjadi sentral pengumpulan bantuan bagi korban tsunami di Mentawai. Posko pengendalian operasi penanganan evakuasi dan distribusi bantuan berada di Sikakap.

“Mestinya ada persediaan BBM yang cukup untuk mempercepat proses penyelamatan bagi korban tsunami yang masih hidup,” ujarnya. Saat ini, jumlah korban yang tewas akibat tsunami di mencapai 300 lebih. Ratusan orang dinyatakan masih hilang.

Soal BBM ini, PT Pertamina mengaku terus memasok ke Mentawai. Vice President Corporate Communication Pertamina, Muhammad Harun, menjelaskan, sebelum ada bencana alam, ketersediaan BBM telah terpenuhi melalui satu Agen Premium, Minyak Tanah, dan Solar (APMS) dengan alokasi 200 kiloliter premium dan 112 kiloliter solar per bulan. Selain itu, dua agen minyak tanah dengan alokasi 250 kiloliter per bulan.

"Pada 27 Oktober, stok di APMS tersisa 6 kiloliter premium dan 8 kiloliter solar," kata Muhammad Harun dalam keterangan tertulisnya.

Laporan: Eri Naldi | Padang

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu
Catherine Wilson

Terpopuler: Catherine Wilson Malu sampai Atta Halilintar Kirim Doa

Round-up dari kanal Showbiz pada Jumat, 19 April 2024. Salah satunya tentang Catherine Wilson yang merasa malu karena mobil pemberian Idham Masse ditarik leasing.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024