Merapi Meletus

Mahasiswa Malaysia Diperintah Mengungsi

Tim medis memberikan pertolongan pada korban letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • AP Photo/Gembong Nusantara

VIVAnews - Kementerian Luar Negeri Malaysia mengimbau mahasiswa Malaysia yang belajar di Yogyakarta bersiap mengungsi jika keadaan Gunung Merapi semakin membahayakan. Malaysia telah mengirim staf kedutaan di Jakarta ke Yogyakarta untuk membantu proses evakuasi.

Menurut pernyataan yang dikeluarkan Kementerian Luar Negeri Malaysia, 500 mahasiswa itu terdiri dari 495 mahasiswa yang belajar di Universitas Gadjah Mada dan 5 mahasiswa di Institut Seni Indonesia.

Selain mereka, juga terdapat 34 pelajar Malaysia dan delapan warga Malaysia lain di Sekolah Agama Sirajol Mukhlasin, Magelang, yang lebih dekat ke Merapi. Para pelajar ini telah dievakuasi ke sebuah universitas negeri di Solo pada Rabu kemarin.

Pernyataan yang dikeluarkan Jumat 29 Oktober 2010 itu menyatakan, Kementerian Luar Negeri mengikuti perkembangan erupsi Gunung Merapi dan gempa bumi di Mentawai, Sumatera Barat. Menteri Luar Negeri Malaysia Datuk Seri Anifah Aman juga telah mengirimkan surat duka cita pada mitra Indonesianya, Marty Natalegawa, pada Rabu lalu.

Kementerian Malaysia, seperti dilansir Bernama, juga menyarankan kewarganegaraan Malaysia yang berada di sekitar kawasan bencana untuk menghubungi perwakilan negara di Jakarta, Medan dan Pekanbaru, jika membutuhkan bantuan.

Pada Selasa lalu, Gunung Merapi mengeluarkan erupsi yang mengakibatkan 35 orang tewas. Salah satu yang tewas adalah redaktur senior VIVAnews, Yuniawan W Nugroho. (adi)

Bela Nakes yang Dipecat, DPRD Manggarai: Mereka Tak Berlebihan Minta Naik Gaji dari Rp600 Ribu
Warga berjalan menggunakan payung saat hujan di Jakarta. (Foto ilustrasi).

Waspada Hujan Petir Diprediksi Bakal Guyur Jakarta Siang Nanti

Menurut laporan BMKG, untuk cuaca Jakarta saat pagi hari ini akan berawan.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024