Susno Salat Serba Putih, Gayus Tak Kelihatan

Kepala Badan Reserse Kriminal Komisaris Jenderal Susno Duadji
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews -- Salat Idul Adha hari ini digelar di halaman Markas Komando (Mako) Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Sejumlah tahanan Rutan Mako Brimob nampak berbaur dengan masyarakat sekitar untuk merayakan ibadah setahun sekali itu.

Salah satunya, Komisaris Jenderal Susno Duadji. Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Polri itu tampil serba putih. Ia memakai gamis putih selutut yang dipadupadankan dengan celana. Kopiah putih juga menghias kepalanya.

"Saya sehat, baik. Tadi salat bersama dengan masyarakat di sini juga," kata Susno ditemui usai Salat Idul Adha, Rabu 17 November 2010.

Namun, ketika ditanya apakah keluarganya akan datang dan apakah ia berkurban, Susno tak menjawab. Ia hanya tersenyum lalu masuk ke kompleks rutan.

Sementara, di tengah kerumunan jamaah salat, tidak terlihat Gayus Tambunan.

Menurut salah satu penjaga rumah tahanan, Gayus tak diperkenankan ke luar. "Jangankan salat, ke luar nggak bisa," kata dia.

Ditambahkan pria yang tak mau disebut namanya itu, saat ini penjagaan Gayus dan tahanan lainnya ditangani Mabes Polri. "Kita hanya menyediakan tempat saja," tambah dia.

Sebelumya, Gayus Tambunan terpergok kamera fotografer Kompas saat berada di Bali. Gayus  yang memakai wig dan kaca mata itu sedang menonton pertandingan tenis.

Lantas terkuak meski berstatus tahanan, Gayus kerap 'pelesir'  ke luar tahanan. Ia bahkan diduga memberikan suap sebesar Rp368 juta pada Kepala Rutan Mako Brimob.

Kemudian diketahui, tak hanya Gayus tak punya fasilitas ke luar tahanan.

Berlin Pandiangan, pengacara mantan Kepala Rutan Mako Brimob, Kompol Iwan Siswanto juga menyebut dua nama lainnya: Mantan Kepala Bareskrim, Komjen Susno Duadji dan Kombes Wiliardi Wizar.

Kata Berlin, kliennya mengizinkan Susno dan Wiliardi ke luar tahanan karena faktor mereka bekas atasan. Dari Susno, Iwan mendapatkan uang Rp10 juta dan paket sembako -- yang juga diterima para bawahan Iwan.

Sekjen PKS: Selamat Bertugas kepada Pak Prabowo dan Wakilnya
Prabowo Sarapan Bareng Jokowi di Istana Negara

Jokowi Tegaskan Tidak Bentuk Tim Transisi untuk Prabowo-Gibran, Kecuali Diminta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan tidak akan membentuk tim transisi untuk mempersiapkan peralihan Pemerintahan kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih 2024, Pr

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024