Korban Merapi Dapat Rp 5.000 Setiap Hari

Pengungsi letusan Gunung Merapi
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Pemerintah provinsi Jawa Tengah masih punya cadangan logistik sebanyak 800 ton untuk kebutuhan selama tiga bulan bagi masyarat. Setiap kabupaten masing-masing disediakan 100 ton.

"Masyarakat pengungsi masing-masing kabupaten diberi bekal hidup selama tujuh hari," ujar Kepala BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Jateng, Jarot Nugroho, Minggu 21 November 2010.

Tiap kabupaten diminta untuk segera melaporkan bila mengalami kekurangan stok logistik untuk meminta tambahan.

Sementara itu, program jaminan hidup (jadup) yang besarannya hingga Rp 5 ribu per hari, yang akan dimulai pada Rabu 24 November 2010,  hingga enam bulan. Jadup akan mengambil anggaran di APBN melalui BNPB.

"Rumahnya warga yang rusak parah, kita bangunkan hunian sementara," ujarnya.

Jumlah tersebut sebanyak 167 unit di Kabupaten Klaten, Boyolali sebanyak 12 unit, dan Mangelang sebanyak 526 unit, dan yang paling parah adalah kabupaten Magelang.

Sementara itu, shelter akan dibangun tidak jauh dari rumah atau kampung yang di tempati warga. Tapi ada sebagian warga yang tidak mau dibuatkan tempat hunian karena jauh dari kampung mereka.

"Akan dikaji dulu. Masih banyak masyarakat yang tidak mau direlokasi, seperti  Boyolali," ujarnya lagi.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo,  sudah menginstruksikan kepada kabupaten Untuk zona radius 5 km dari Gunung Merapi untuk wilayah Jateng akan dibersihkan dari hunian warga. Jumlahnya sebanyak 53.585 jiwa, yang terbagi di tiga kecamatan di Kabupaten Magelang, satu kecamatan di Boyolali, dan satu Kecamatan di Klaten.

Laporan: Erik Tanjung| Jawa Tengah

Kubu Ganjar-Mahfud Ingin Suara Prabowo-Gibran Nol, Begini Kata KPU
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi

Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengaku belum kepikiran untuk maju dalam Pilkada 2024, dia justru menilai Kasatpol PP DKI Arifin berpotensi maju di Pilkada DKI.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024