Merapi Kembali Luncurkan Wedhus Gembel

Letusan Merapi
Sumber :
  • ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

VIVAnews - Merapi kembali meluncurkan awan panas 'wedhus gembel' selama dua hari. Luncuran ini terjadi setelah empat hari sebelumnya, Merapi tidak mengeluarkan awan panas bersuhu lebih dari 600 derajat celcius itu.

"Dalam dua hari terakhir ini, Minggu dan Senin, merapi kembali mengeluarkan awan panas," kata Kepala Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, Senin, 22 November 2010.

Surono menyatakan, masih adanya awan panas yang meluncur dari Merapi. itu menandakan erupsi atau letusan masih tejadi. Itu artinya, status Merapi masih Awas atau level IV dan belum akan berubah.

Luncuran awan panas ini terjadi pada Minggu 21 November 2010 sejak pukul 17.23 WIB yang didahului dengan gempa tektonik. Pada hari yang sama, pada pukul 17.22 WIB rentetan awan panas terjadi hingga pukul 18.45 WIB.

Pada siang ini awan panas kembali keluar dari puncak Merapi sebanyak dua kali. Namun demikian jarak luncur awan panas dari puncak merapi belum dapat diketahui karena gunung tertutup awan tebal.

Menurut Surono, dengan demikian zona bahaya juga masih tetap untuk Sleman tetap 15 kilometer dari puncak. Untuk wilayah timur kali Boyong dan 10 kilometer bagi wilayah barat kali Boyong.  "Magelang 10 kilometer, Boyolali 5 kilometer, dan Klaten 10 kilometer," paparnya.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Dari data kegempaan di Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta, terjadi luncuran awan panas selama dua kali, masing-masing kurang lebih satu menit. Terjadi pada pukul 00.15 hingga 00.18 WIB.

Pada pukul 00.14 WIB juga terlihat asap setinggi 600 meter dengan arah condong ke barat dan utara, yang terlihat dari pos pengamatan di Manisrenggo. Gempa vulkanik, terjadi satu kali. Gempa multiphase tercatat 17 kali dan frekuensi rendah tidak tercatat.

Laporan: Juna Sunbawa l DIY

Polisi Sebut Kecelakaan Beruntun di GT Halim Libatkan 9 Kendaraan
Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024