Rp8 Miliar untuk Pulihkan Kebun Salak Merapi

Desa Kinahrejo tersapu awan panas
Sumber :
  • AP Photo/Trisnadi

VIVAnews - Pemerintah akan melakukan pemulihan kesejahteraan penduduk di sekitar Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Salah satu cara yang dilakukan dengan pemulihan perkebunan salak pondoh di sekitar kawasan itu.

Hal ini dikatakan Sekretaris Kantor Menteri Koordinator bidang Kesejahteraan Rakyat Indroyono Soesilo usai rapat penanganan bencana di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Senin 22 November 2010.

"Program dilaksanakan BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) berkaitan langsung dengan perlahan-lahan memulihkan kesejahteraan rakyat masyarakat di sana. Antara lain penyelamatan salak pondoh," kata Indroyono.

Sementara itu Sekretaris Utama BNPB Fatchul Hadi mengatakan Pemerintah akan mengganti kerugian salak pondoh dengan cara membeli terlebih dulu perkebunan salak pondoh. Namun, penanganan berbeda-beda tergantung kerusakan.

"Ada yang rusak berat, ringan, dan sedang. Penanganan berbeda. Semua itu akan dibiayai oleh BNPB untuk kecepatan," ujar Fatchul.

Berapa anggaran dan sumber anggaran untuk mengganti kerugian perkebunan salak pondoh itu? "Kemarin akan didanai oleh BNPB, kira-kira Rp8 miliar. Kalau bisa direvisi silakan Kementerian/Lembaga menggantikan kita," ujar Fatchul.

Adapun mekanisme pemulihan perkebunan salak pondoh itu akan dilakukan oleh Pemerintah Daerah. "Seluruh kegiatan dikasih ke Gubernur," kata Fatchul.

Indroyono mengatakan akan ada sekitar 1.000 orang yang bekerja mengurus rehabilitasi perkebunan lahan salak pondoh. Mereka terdiri dari karang taruna, organisasi pemuda, dan anggota TNI yang siap membantu. (sj)

Ditanya Soal Kebencian Chef Arnold, Begini Jawaban Codeblu
Calon presiden Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menghadiri acara deklarasi Gema PS mendukung Prabowo-Gibran di Blitar, Jawa Timur, Minggu, 17 Desember 2023.

AHY Cuti Demi Hadiri Penetapan Prabowo-Gibran Jadi Presiden dan Wapres RI

Menteri ATR/BPN sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan hadir dalam penetapan presiden dan wakil presiden RI di KPU hari ini.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024