Merapi Meletus, Peternakan Rugi Rp149 Miliar

Pasca Erupsi Merapi
Sumber :
  • FOTO ANTARA/Noveradika

VIVAnews -- Tak hanya merenggut ratusan nyawa manusia, erupsi Merapi juga memporak-porandakan perekonomian warga sekitar, khususnya para peternak.

Kerugian akibat erupsi Merapi di sektor peternakan di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) diperkirakan mencapai Rp149 miliar.

Angka itu belum final, sebab jika kerusakan kandang-kandang ternak yang luluh lantak diterjang awan panas, jumlahnya niscaya akan bengkak.

"Kerugian terbanyak pada peternakan sapi khususnya sapi perah terutama pada daerah Kecamatan Cangkringan yang lokasinya tak jauh dari puncak merapi,"kata Kepala Bidang Peternakan, Dinas Pertanian dan Kehutanan Sleman, Suwandi Azis, Kamis, 25 November 2010.

Soal janji pemerintah mengganti sapi-sapi yang mati, ia berharap direalisasikan jika kondisi Merapi sudah normal. Jika dipaksakan saat ini, justru membuat repot para peternak. Sebab, apalagi mengurus sapinya, rumah tinggal saja mereka tak punya.

"Kasihan sapinya karena pasti tidak akan terawat," tambahnya.

Lebih lanjut Azis menyatakan penggantian hewan ternak sejauh ini hanya dikhususkan untuk sapi, sedangkan ternak lainnya seperti kambing dan  unggas yang juga mati akibat erupsi Merapi hingga saat ini belum ada kepastian akan mendapatkan ganti dari pemerintah.

Sementara itu Koordinator Divisi Evakuasi Penanganan Ternak Korban Merapi, Ida cahyati mengatakan timnya telah mengevakuasi 9.973 ternak di sejumlah kabupaten, di antaranya di Sleman 3.221 ekor sapi, Magelang 2.325, Boyolali 1.305 dan Kabupaten Klaten 2.442 ekor sapi.

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Dari total 9.973 sapi tersebut tersebar di beberapa titik evakuasi, di antaranya di Sleman (64 titik) di Klaten (64 titik0 Magelang (12 titik) Boyolali (53 titik) jumlahnya 193 titik evakuasi.
 
Dari data semua Kabupaten, ada sejumlah sapi yang mati total di Sleman 2.394 ekor, Klaten 357, Magelang 11 dan Boyolali 66 ekor.
 
“Sehingga sapi mati di DIY dan Jateng mencapai 2.828 ekor sapi,” ujarnya.
 
Sedangkan untuk sapi yang dijual oleh peternak jumlahnya mencapi 303 ekor dan yang sudah tercatat mau dijual sebanyak 3.783 ekor sapi.
 
Koordinator Tim Eksekusi dan Distribusi, Ali Agus mengatakan dari hasil tim identifikasi, pihaknya kemudian melakukan eksekusi ternak, baik yang mati, masih hidup dan mau dijual atau yang masih hidup dan berada di tempat-tempat penampungan. Data dibutuhkan untuk pemberian pakan secara gratis.
 
“Setelah ada kesepakatan harga yang ditetapkan sebelumnya dan sudah didata melalui tim identifikasi, kemudian dilakukan pencairan atau pembayaran ternak kepada yang menjual. Distribusi pakan untuk ternak yang berada di tempat penampungan juga dilakukan,” katanya.
 
Laporan: Juna Sanbawa| DIY, umi

Prabowo Subianto tiba di Malaysia.

Batalkan Aksi Relawan Turun ke Jalan Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Prabowo Tuai Pujian

Menurut Sekjen AMMI Arip Nurahman, langkah dilakukan Prabowo ini, agar menjaga situasi tetap kondusif serta menghindari terjadinya perpecahan diantara sesama anak bangsa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024