Meski Sudah Erupsi, Krakatau Masih Waspada

Anak Gunung Krakatau
Sumber :
  • volcano.si.edu

VIVAnews - Gunung Anak Krakatau merupakan satu dari 19 gunung api di Indonesia yang berstatus Waspada. Menurut Kepala Subbidang Pengamatan Gunung Api Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Agus Budianto, aktivitas gunung ini masih tinggi.

"Sebenarnya Anak Krakatau ini sudah erupsi. Tapi, statusnya masih Waspada," kata Agus saat dihubungi VIVAnews, Selasa 30 November 2010. Seperti diberitakan sebelumnya, Anak Krakatau berstatus Waspada level dua.

Sampai kini, kata dia, Anak Krakatau masih mengeluarkan asap kelabu yang tebal dan gas. Namun, gunung ini masih relatif aman karena posisinya di laut.

Awal November lalu, aktivitas gunung yang terletak di Selat Sunda ini meningkat setelah ada gempa 5,5 Skala Richter (SR) yang melanda barat daya Krui, Lampung. Sejak itu, Anak Krakatau terus mengeluarkan asap dan gas beracun. Gas yang terus-menerus keluar ini merupakan tanda telah terjadinya erupsi. Ditambah pula fakta bahwa ada peningkatan suhu air laut di sekitar gunung. Ketinggian asap ini bisa mencapai 800 meter.

Airlangga Dapat Dukungan Satkar Ulama jadi Ketum Golkar Lagi, Didoakan Menang Aklamasi

Agus menambahkan aktivitas Anak Krakatau sama dengan Bromo, stabil tapi aktivitas tinggi. Namun, Bromo sudah naik status menjadi Awas sejak 23 November lalu.

"Sementara itu, Gunung Merapi terus menurun dibandingkan letusan hebat 5 November lalu tapi masih Awas." Namun, Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana dan Geologi belum mengubah status ketiga gunung yang menjadi sorotan publik akhir-akhir ini.  "Semua masih berstatus sama."

Sengketa Pilpres Dinilai Jadi Pembelajaran, Saatnya Prabowo-Gibran Ayomi Semua Masyarakat
TikToker Galih Loss dihujat netizen karena aksi prank ke ojol

TikToker Galih Loss Resmi Ditahan, Terancam Hukuman Penjara 6 Tahun

Galih Loss ditahan di Rutan Polda Metro Jaya.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024