Malam Natal di Yogyakarta Dijaga Ketat

Pengamanan Natal
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews -- Ribuan umat Kristiani di Yogyakarta, malam ini melaksanakan misa Natal di berbagai gereja yang ada di Yogyakarta. Meski dibawah bayang-bayang ancaman teror.

Pengamanan ketat pun diberlakukan Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta di setiap gereja.

Kepala Kepolisian DIY, Brigadir Jenderal Ondang Sutarsa mengatakan,  15 pos pengamanan didirikan di tiap kabupaten dan kota. "Kami juga sudah berkoordinasi dengan panitia-panitia dalam rangka pengamanan," kata Kapolda, Jumat 24 Desember 2010 malam.

Dalam rangka pengamanan malam Natal dan tahun baru, digelar Operasi Lilin yang mengerahkan 1.689 personel serta 40 personel Brimob disetiap kabupaten dan kota.

"Tadi sore kami sudah melakukan sterilisasi gereja-gereja dengan melakukan penyisiran atas ancaman bom. Hingga saat ini situasi di Yogyakarta masih kondusif," ujar Kabid Humas Polda DIY, Anny Pudji Astuti.

Sebelumnya, rangkaian bom ditemukan di sejumlah lokasi di Jawa Tengah dan Yogyakarta. Di Gereja Kristen Jawa Kecamatan Ngawen, Klaten, pos polisi Jalan Solo, Klaten dan Gereja Sendang Sriningsih, Gayamharjo, Prambanan, Yogyakarta ditemukan rangkaian bom  berbahan bensin yang dimasukkan di lima botol air mineral yang masing-masing berukuran 600 mililiter. Lalu dimasukkan di dalam sebuah kardus.

Selain itu, juga ditemukan detonator, kabel dan timer. Namun, bom tersebut tidak meledak.  Sementara, bom di Gereja Katolik Raja Kristus, Sukoharjo, Jawa Tengah meledak pada Selasa 7  Desember 2010. Untung tak ada  korban jiwa dalam insiden itu, meski pot-pot bunga yang menghias  gereja pecah, hancur.

Karena itulah Jawa Tengah dan DIY dimasukkan dalam daftar prioritas pengamanan. "Solo dan Yogyakarta masuk prioritas pengamanan," kata Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Iskandar Hasan di Mabes Polri, Jakarta, Rabu 8 Desember 2010.

Laporan: Erick Tanjung, Juna Sanbawa| DIY

C3 Aircross Dijual Murah, Citroen Tak Berminat Pasang Target Penjualan
Nurul Ghufron diperiksa Dewas KPK

MAKI Kirim Surat ke Nurul Ghufron, Minta Bantuan Mutasi ASN di Papua ke Jawa

Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengirimkan sebuah surat kepada Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron meminta bantuan mutasi ASN dari Papua ke Jawa

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024