Januari-Maret Puncak Bencana Hidrometeorologi

Banjir bandang di Wasior, Papua
Sumber :
  • AP Photo/Abdul Muin

VIVAnews – Sejumlah bencana yang terjadi sepanjang tahun 2010, mulai dari banjir, longsor, gempa, tsunami, hingga letusan gunung api diperkirakan masih akan mengancam Indonesia di tahun 2011 ini. Kementerian Koordinator Kesejahteraan Rakyat mengajak masyarakat waspada dan lebih siap menghadapi segala kemungkinan.

"Prediksi bencana hidrometeorologi yang tetap mengancam, lebih mendorong untuk melakukan persiapan sekaligus mengingatkan tetap perlunya kewaspadaan masyarakat," kata Menko Kesra Agung Laksono dalam keterangan tertulis, Senin 3 Januari 2010.

Agung menambahkan, dampak bencana alam akibat perubahan iklim global terbukti di berbagai belahan dunia. Musibah banjir yang saat ini terjadi di Australia dan Amerika Serikat misalnya, bukti dampak perubahan iklim itu.

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman

Termasuk di sejumlah wilayah Indonesia. "Oleh sebab itu pemerintah dengan segala kemampuan mengajak masyarakat bersinergi saat menghadapi bencana," ungkapnya.

Menurut Agung, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah mengingatkan bencana hidrometeorologi masih berpotensi besar terjadi di Indonesia tahun ini.

Sesuai data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta lembaga meteorologi sejumlah negara menyebutkan, curah hujan Indonesia pada Januari hingga Maret di atas normal. Periode ini diperkirakan akan jadi puncak bencana hidrometeorologi tahun ini.

Peta daerah rawan bencana dari BNPB menyebutkan, satu dari tiga desa di Indonesia rawan bencana. Dari 497 kabupaten/kota, 176 kabupaten/kota berisiko tinggi banjir, 154 kabupaten/kota berisiko tinggi longsor, dan 153 kabupaten/kota berisiko tinggi kekeringan.

Menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, pada tahun lalu telah terjadi 186 kejadian gerakan tanah yang memicu longsor dan banjir bandang di sejumlah daerah di Tanah Air. Jumlah korban tewas hingga 28 Desember 2010 mencapai 465 orang.

Gerakan tanah terbanyak pada Maret dengan 34 kejadian. Wilayah paling banyak mengalaminya adalah Jawa Barat dengan 106 kejadian. Sementara bencana dengan korban jiwa terbanyak adalah banjir bandang dan tanah longsor di Wasior, Teluk Wondama, Papua Barat, yang menewaskan 153 orang.

Adanya gerakan tanah yang merusak setiap bulannya, tidak pernah terjadi sebelumnya. Hal ini perlu menjadi kewaspadaan, karena sebagian wilayah negara Indonesia berada dalam daerah rawan gempa. Cuaca buruk pun masih bisa terjadi tahun ini.

Maka itu, Agung juga mendorong institusi yang menangani masalah kebencanaan siap menghadapi dan mengantisipasi berbagai kemungkinan. Demikian pula di bidang anggaran, agar DPR dan DPRD bisa memberi dukungan. Kerjasama pemerintah dan dewan tidak bisa ditunda jika membahas anggaran bencana alam.

Putra Tamara Bleszynski Ditabrak Orang Tak Bertanggung Jawab di Depan Rumah
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024