Kakek 70 Tahun, Terseret Banjir Lahar Dingin

Aliran deras banjir lahar dingin dari Merapi pada Januari 2011.
Sumber :
  • BMKG

VIVAnews - Banjir lahar dingin terus mengancam warga yang tinggal di bantaran sungai yang berhulu dari Gunung Merapi. Hari ini, Minggu 16 Januari 2011, seorang kakek kritis setelah terseret lahar dingin hingga 1,5 kilometer.

Kakek berusia 70 tahun, bernama Sibun Wartono, terseret bajir lahar dingin di Kali Opak yang berada di Dusun Teplok, Cangkringan hingga Dusun Gian, Desa Ngemplak.

Syamsul Bakri, Camat Cangkringan mengatakan, Wartono terseret banjir sekitar pukul 16.30 WIB, saat mengembala itik. Dasar sungai yang licin membuat korban terpeleset dan terbawa aliran air.

Sebelumnya, Wartono sempat diingatkan warga agar tidak turun ke sungai meski kondisi aliran sungai sedang mengecil. Tapi, peringatan warga tidak diindahkan.

Wartono setempat ditolong dan dibawa ke Puskesmas Ngempalak 1 dengan kondisi luka lecet disekujur tubuh. Karena kondisinya memburuk, korban kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Rantirini Kalasan Yogyakarta.

Banjir lahar dingin masih mengancam karena curah hujan di puncak Merapi yang terjadi dalam volume yang tinggi. Hal ini tentu membuat banjir bisa menerjang kapan saja.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika memperkirakan ancaman banjir lahar masih akan berlangsung hingga Februari 2011. Hal ini bukan tanpa alasan. Ada beberapa faktor yang memengaruhi tingginya curah hujan pada saat ini.

Pertama, saat ini merupakan puncak musim hujan yang akan terjadi pada Januari dan Februari. Kedua, berdasarkan pemantauan suhu muka laut di Samudera Pasifik kondisinya cukup dingin, sementara di Indonesia diprediksi cukup hangat.

Penyimpangan iklim global La Nina semacam ini, memberi peluang terjadinya curah hujan di atas normal di Indonesia.

Ketiga, secara regional pulau Jawa sedang berlangsung monsun baratan sehingga cukup besar peluang terbentuknya daerah konvergensi berupa sabuk awan hujan.

Laporan: Erick Tanjung| Yogyakarta

Penampilan Makin Sopan, Nikita Mirzani Ternyata Diawasi Rizky Irmansyah
Toko Alat Musik

Ekspansi Perusahaan Musik Terkemuka Asia Tenggara Diresmikan di Indonesia

Tujuan dari ekspansi ini adalah untuk meningkatkan pengalaman musik bagi para musisi di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024