Crop Circle Sleman Muncul dalam Dua Jam?

FOTO JANGAN DIPAKAI
Sumber :
  • Antara/ Regina Safri

VIVAnews - Crop circle atau pola simetris yang terbentuk di persawahan Berbah, Sleman, diduga muncul hanya dalam dua jam pada Sabtu 22 Januari 2011 malam. Kemunculannya diperkirakan antara pukul 21.00 sampai 23.00 Waktu Indonesia Barat.

Fakhrur Rozi, salah satu pemilik sawah, mengatakan, pada pukul 16.00 melihat sawahnya masih baik-baik saja, tidak rubuh. Cuaca memang kurang baik. "Malam Minggu tersebut tidak hujan, hanya gerimis," katanya kepada VIVAnews, Senin 24 Januari 2011.

Mudakhir, peternak sapi yang bertugas ronda pada malam itu, juga menyatakan sampai Maghrib, pukul 18.00, sawah masih utuh. Mudakhir kebetulan meronda di kandang ternak kelompok Sepadukuhan Karasakaan yang terletak di selatan sawah tempat pola terbentuk.

Kemudian Wasijo, petani warga Krasakaan, Jogotirto, Berbah Sleman, menyatakan sampai pukul 21.00, tak ada angin yang bisa merubuhkan tanaman padi. Malam itu, Wasijo masih berada di sawahnya yang terletak di seberang lokasi sawah yang memiliki pola misterius itu. Sawah Wasijo dibatasi jalan desa dengan sawah Rozi.

"Dan tidak ada orang atau pun yang mencurigakan di sawah yang (kemudian) rubuh itu," kata Wasijo.

Ngadiran, salah seorang pemilik sawah yang memiliki pola aneh itu, juga menambahkan, kejadian seperti ini pertama kalinya terjadi. "Sebelumnya, belum pernah ada kejadian seperti ini di dukuh sini," ujarnya.

Ngadiran sendiri mengetahui sawahnya rubuh pada Sabtu malam menjelang pergantian hari ke Minggu. Awalnya, Ngadiran mengira padinya rubuh karena dilewati hewan besar yang turun dari Merapi. Namun paginya, setelah melihat potret dari seorang anak dari pemilik sawah lainnya yang memotret dari ketinggian, terlihat bahwa padi yang rubuh itu membentuk detil misterius yang mirip fraktal.

Namun, seorang warga yang bertempat tinggal di dekat sawah itu, Basyori, memberikan kunci jawaban. Basyori mengaku pada pukul 22.30 WIB mendengarkan suara seperti pesawat dari arah persawahan.

Basyori yang sedang menonton televisi sontak bertanya pada istrinya.  "Ini suara apa sih, Bu? Kok kayak pesawat, tidak keras tapi jelas terdengar," katanya. Tapi istrinya diam saja. Basyori pun tak merespons lebih lanjut.

Apakah itu berarti crop circle ini terbentuk antara pukul 21.00 sampai 23.00 ini?

Saudi Arabia Makes First Debut at Miss Universe Pageant

Laporan: Erick Tanjung | Sleman, umi

Pose Nikita Mirzani bersama Rizky Irmansyah

Blak-blakan Soal Rizky Irmansyah, Nikita Mirzani: Perhatian Banget

Nikita Mirzani mengungkap bahwa bisa bertemu dengan Rizky Irmansyah, merupakan sebuah takdir.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024