Aktivis Bendera Sakit, Ibas Tak Jadi Bersaksi

Hatta Rajasa, Edhie Baskoro, Djoko Suyanto dan Trio Mallarangeng Datangi Polda
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, dan pengusaha Hartati Moerdaya memenuhi panggilan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat sebagai saksi pelapor.

Nasdem dan PKS Diskusi Ikut Koalisi atau Oposisi, Surya Paloh: Masih Dikaji, Belum Final

Namun ketiganya batal memberikan keterangan kepada majelis hakim karena dua terdakwa aktivis Bendera, Mustar Bonaventura dan Ferdi Semaun, sedang sakit.

Pantauan VIVAnews.com di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Kamis 27 Januari 2011, Edhie 'Ibas' Baskoro Yudhoyono dan Hatta Rajasa yang mengenakan batik, dan Hartati Moerdaya duduk berjajar di depan majelis hakim yang diketuai Bayu Istiat Moko.

Ketiganya sudah bersiap memberikan keterangan kepada majelis hakim. Tetapi pengacara terdakwa, Saur Siagian, mengajukan keberatan dua kliennya tidak bisa hadir karena sakit.

Menurut Saur, Ferdi dan Mustar, mengalami tindak kekerasan subuh tadi. "Sekitar pukul lima pagi dikeroyok sekitar delapan orang di kawasan Depok. Kepalanya luka karena benda tumpul," kata Saur.

Akhirnya, majelis hakim mengabulkan permintaan pengacara terdakwa. "Karena terdakwa Mustar dan Ferdi sedang sakit. Sidang akan dilanjutkan 10 Februari 2011," ujar Bayu Istiat Moko.

Kesaksian Ibas yang putra bungsu Presiden SBY membuat pengamanan di gedung pengadilan sangat ketat. Sekitar 300 petugas polisi berjaga di lokasi termasuk mobil polisi Barracuda. Selain itu, massa dari ormas-ormas pendukung Demokrat juga hadir seperti Angkatan Muda Demokrat. Hadir pula massa dari FKPPI.

Mantan Sekjen Demokrat Amir Syamsuddin dan anggota DPP Demokrat yang Andi Nurpati juga hadir. Termasuk hadir pula CEO Fox Indonesia Andi Zulkarnaen Mallarangeng.

Dua aktivis Bendera, Mustar Bonaventura dan Ferdi Semaun, didakwa atas kasus pencemaran nama baik karena mengeluarkan keterangan pers nama-nama penerima kucuran dana Bank Century.

Beberapa menteri juga masuk dalam daftar yakni Menkopolhukam Djoko Suyanto dan Menpora Andi Mallarangeng. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Abdul Hafidz Anshary juga dituding Bendera menjadi salah satu penerima dana Bank Century. (umi)

Ketua KPU Depok, Willi Sumarlin

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

PPK akan bekerja selama delapan bulan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024