New7Wonders Pertahankan Komodo

Komodo
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews -- Yayasan New7Wonders of Nature memutuskan mempertahankan Taman Nasional Komodo sebagai finalis dalam ajang tujuh keajaiban dunia.

"Voting untuk komodo dilanjutkan sebagai finalis ajang New7Wonders of Nature," kata Kepala Komunikasi New7Wonders, Eamonn Fitzgerald seperti dimuat situs lembaga ini, Senin 7 Februari 2011.

Namun, New7Wonders memutuskan untuk menyingkirkan Kementerian Budaya dan Pariwisata (Kemenbudpar) sebagai promotor resmi.

Presiden sekaligus pendiri New7Wonders, Bernard Weber mengemukakan alasannya. "Setiap langkah yang diambil Kemenbudpar minggu lalu jadi alasan kuat kita untuk mengeluarkan Indonesia secara keseluruhan. Jika hanya bergantung pada sikap Kementerian, mungkin hari ini kami terpaksa mengumumkan penghapusan Komodo," kata Weber.

Untungnya, tambah dia, dalam beberapa hari terakhir pihak panitia menerima dorongan dan dukungan publik, juga dari sejumlah tokoh yang meminta Komodo tetap dipertahankan. "Karena New7Wonders adalah yang pertama di dunia dan memiliki sistem voting terbesar, suara-suara itu penting bagi kami," kata dia.

"Jadi, berita utama hari ini adalah: dengan menghapus peran Kemenbudpar dalam kampanye, voting Komodo diteruskan," tambah Weber.

Weber juga menyinggung sengketa pihaknya dengan Kemenbudpar, soal apa yang dia sebut janji Indonesia sebagai tuan rumah deklarasi kemenangan tujuh keajaiban dunia terbaru pada tanggal 11 November 2011. Kata dia, kementerian seharusnya mendukung bukannya justru melakukan upaya pengelakan.

"IniĀ  telah mengurangi peluang bagi Indonesia untuk menyelenggarakan acara-acara terkemuka dan terhormat dunia, seperti Olimpiade atau Piala Dunia. "

Setelah Kemenbudpar disingkirkan, pihak New7Wonders akan mencari peluang kerjasama dengan asosiasi atau yayasan untuk mengambil alih perannya. "Sementara, aktivitas promosi resmi Komodo sebagai finalis akan ditangani secara langsung oleh New7Wonders," tambah dia.

Sebelumnya, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata berniat mengajukan tuntutan jika Taman Nasional Komodo dianulir. (umi)

Posko Mudik Perempuan Bisa Cek Kehamilan, Tekanan Darah Hingga Sedia Kondom! Catat Titiknya
Kondisi Lalu Lintas malam Takbiran di Bundaran HI

Lalu Lintas Bundaran HI Padat di Malam Takbiran, Banyak Pemotor Tak Pakai Helm

Kondisi lalu lintas di Bundaran HI saat malam takbiran ini terpantau padat merayap, terlihat sejumlah kendaraan roda dua hingga mobil memadati badan jalan.

img_title
VIVA.co.id
9 April 2024