Tsunami Rekatkan Hubungan Indonesia-Jepang

Tsunami hantam Jepang
Sumber :
  • AP Photo/Kyodo News

VIVAnews - Bencana gempa dan tsunami yang dirasakan Jepang menimbulkan empati dan kepedulian masyarakat Indonesia, yang pernah merasakan bencana tsunami di Aceh akhir 2004 silam.

Kepedulian masyarakat Indonesia pun kemudian diperlihatkan dengan berkumpul di depan Kedutaan Besar Jepang di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu, 27 Maret 2011 nanti. Diperkirakan ribuan orang akan berkumpul sejak pukul 06.00 dan memberikan simpati dengan berbagai acara seni, untuk membangkitkan semangat masyarakat Jepang.

Rencananya, acara yang dinamakan INA 4 JPN (Indonesia for Japan) ini akan juga dihadiri Kepala Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan Kuntoro Mangkusubroto dan Duta Besar Jepang untuk Indonesia Kojiro Shiojiri. Kuntoro yang merupakan mantan Kepala Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh-Nias secara simbolis akan menyampaikan pidato simpati Indonesia atas bencana yang menimbulkan belasan ribu korban ini.

Kuntoro mengatakan bencana di Jepang mengingatkan akan bencana di Aceh dan Nias, yang menyatukan dunia dalam memberikan bantuan. Seperti Aceh dan Nias, Kuntoro berharap Jepang juga dapat bangkit dari keterpurukan.

"Jepang termasuk negara yang paling banyak membantu Indonesia dalam melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi di Aceh dan Nias selama empat tahun," kata Kuntoro, seperti yang disampaikan dalam rilis yang diterima VIVAnews.com Jumat malam, 25 Maret 2011.

Indonesia, kata Kuntoro, juga akan selalu memberikan dukungan dan bantuan, sama seperti Jepang yang memberi bantuan dalam rehabilitasi dan rekonstruksi di Aceh dan Nias beberapa tahun silam.

Ada yang Aneh dengan Bocah Viral Tabrakkan Chery Omoda E5 di Dalam Mall
Kartu SIM atau SIM card.

eSIM Bagian dari Mengurangi Jejak Karbon

Telkomsel juga telah meluncurkan Embedded Subscriber Identity Module (eSIM) yang diharapkan dapat mengurangi limbah bekas cangkang kartu SIM.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024