Bupati: Bencana Paniai Bukan Banjir Bandang

foto ilustrasi banjir
Sumber :

VIVAnews - Bencana yang terjadi di Kabupaten Paniai, Papua, beberapa hari terakhir ternyata bukan banjir bandang tapi meluapnya Danau Paniai akibat curah hujan yang cukup tinggi dalam tiga bulan terakhir. 

Hal itu diungkapkan Bupati Paniai, Naftali Yogi ketika dikonfirmasi, Jumat 1 April. "Saya jelaskan bencana di wilayah Paniai bukan banjir bandang. Danau  meluap sehingga merendam sejumlah pemukiman warga dan fasilitas umum," kata Naftali Yogi, Jumat 1 April 2011.

Meluapnya air di danau, kata Bupati, bukan hanya merendam kota Enarotali ibukota Paniai, tapi juga 10 distrik lainnya. "Dari 10 distrik, 7 distrik yang paling parah terendam air setinggi 2-4 meter,’’ jelasnya.

Tak hanya merendam pemukiman warga, air juga menggenangi landasan pacu di Bandara Paniai juga sepanjang kurang lebih seratus meter. "Meski sebagian tergenang air, tapi bandara masih bisa dipergunakan. Sementara dermaga di danau hancur total," singkatnya.

Mengenai korban yang meninggal, ucap Bupati sesuai, data yang berhasil diperoleh hanya 10 orang saat menggunakan speed boat di danau dan kemudian diterjang ombak besar.

Sri Agustin, Nasabah Mekaar yang Dipuji Jokowi Berbagi Tips Eksis Jalani Usaha Sambel

Data ini berbeda dengan yang disampaikan Wakil Presiden Boediono saat memberikan arahan pada rapat koordinasi Gubernur se-Belajasumba (Bengkulu, Lampung, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung) di Hotel Abadi Suites, Jambi. Wapres menyampaikan ada 13 korban tewas dalam banjir ini.

Laporan: Banjir Ambarita | Papua, umi

Wamenhan Rusia Ditangkap Atas Dugaan Korupsi
Ahmad Syaikhu di Nasdem Tower, Jakarta Pusat

Ahmad Syaikhu: PKS dan Nasdem Siap Bersama-sama Membangun Negeri Ini Lebih Baik

Petinggi PKS yang dipimpin Ahmad Syaikhu menyambangi markas Nasdem, Rabu sore tadi.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024