Perompak Somalia

Saran Hendropriyono untuk Bebaskan Sandera

Perompak Somalia
Sumber :
  • www.rnw.nl

VIVAnews - Mantan Kepala Badan Intelijen Negara, AM Hendropriyono, menyatakan pembebasan warga negara Indonesia yang menjadi sandera perompak Somalia pertama kali harus dilakukan dengan mengumpulkan informasi sebanyak mungkin. Indonesia harus mengetahui kekuatan dan kelemahan para penyandera.

Setelah itu, barulah dibahas kebijakan politik dan strategi untuk pembebasan sandera. "Kalau itu semua sudah ditemukan, common understanding di antara penyelenggara negara, maka pasti langkah-langkah yang paling bagus akan ditemukan," kata Hendro ditemui sebelum peluncuran buku "Negara Paripurna" karya Yudi Latif di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 11 April 2011.

"Misalnya, kalau harus membebaskan dengan cara seperti di Woyla, saya kira pasukan-pasukan komando kita sudah lebih dari siap untuk itu," katanya.

Operasi Woyla adalah operasi pembebasan penumpang pesawat Garuda yang disandera di Woyla, Thailand, pada tahun 1981 lalu. Operasi yang dilakukan Komando Pasukan Khusus ini berbuah sukses.

Saat ini, Kapal Indonesia Sinar Kudus dan 20 awaknya masih berada di bawah todongan senjata para bajak laut Somalia. Mereka terancam kelaparan akibat stok bahan pangan yang makin menipis.

KPU Tetapkan Dua Caleg PDIP dari Dapil Jakarta 10 Melenggang ke DPRD DKI

Tak hanya itu, 12 anak buah kapal (ABK) sakit parah, kritis, di tengah persediaan obat yang terus berkurang. Mereka tak berdaya. Para perompak awalnya minta tebusan US$2,6 juta, lalu naik menjadi US$3,5 juta, lalu turun lagi menjadi US$3 juta. (umi)

Xiumin EXO

Tampil di Saranghaeyo Indonesia 2024, Xiumin EXO Janjikan Penampilan Spesial

Melalui unggahan video tersebut, Xiumin EXO mengajak penggemarnya untuk datang dan menyaksikan penampilannya dalam acara tersebut.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024