Inilah Inisial 19 Terduga Bom Buku

Tim Gegana memeriksa lokasi kejadian bom Utan Kayu
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews -- Polri menangkap 19 terduga pelaku bom buku dan bom Serpong di sejumlah lokasi. Kepala Bidang Penerangan Umum Mabes Polri Komisaris Besar Boy Rafli Amar mengatakan, mereka ditangkap serentak pada Kamis 21 April 2011.

"Bedanya hanya hitungan jam," kata Boy di Markas Besar Kepolisian, Jalan Trunojono, Jakarta, Jumat 21 April 2011.  Saat ini, tambah dia, pemeriksaan masih berlangsung, untuk mengetahui peran masing-masing.

Yang menarik, dari 19 orang terduga, kebanyakan adalah lulusan universitas alias sarjana. "Mereka menjadikan buku sebagai tanda bahwa mereka dari kalangan terpelajar. Usia rata-rata 30 tahun," tambah Boy.

Apakah ada yang bertugas sebagai pelaku bom buku? "Ada yang jadi kurir," jawab Boy. "Tapi yang jelas sementara dapat kita sampaikan ini merupakan suatu kelompok aksi teror yang terlibat dengan bom buku Maret lalu." Juga bom Serpong.

Saat ini, lanjut dia, Polri sedang mengembangkan, penyelidikan. "Kami tentu berupaya keras, mencari apakah ada bahan peledak dan lainnya yang disimpan yang bersangkutan. Polisi di lapangan mencari tahu jika mereka masih menyimpan peledak," lanjut Boy.

Untuk kepentingan pemeriksaan, sesuai dengan UU Terorisme, para terduga akan menjalani penahanan 7 x 24 jam. "Nanti akan ada penyampaian, apakah ditindaklanjuti penanganan atau tidak", tambah dia.

Boy mengaku pengungkapan kasus bom buku dan Serpong tak lepas dari bantuan masyarakat. "Kami berharap dukungan masyarakat, karena pada dasarnya mereka berbaur dengan warga." (eh)


Berikut daftar inisial 19 terduga pelaku teror yang ditangkap:

- Inisial  P, J, F ditangkap di di Desa Merduati, Banda Aceh.
- Inisial P, A, A, E, R ditangkap di Bogor
- Inisial F, D, Y ditangkap di Kramat Jati, Jakarta Timur
- Inisial M ditangkap di Rawamangun
- Inisial A, D, M R, A ditangkap di Pondok Kopi
- Inisial A ditangkap di Bekasi
- Inisial J di Tangerang

Suara Golkar di Pemilu 2024 Naik Signifikan, Airlangga: Hitungan Kami Dapat 102 Kursi
Anak selebgram Aghnia Punjabi dianiaya

Anak Selebgram Aghnia Punjabi Diduga Dianiaya Pengasuh, Badan Diduduki hingga Kepala Dibanting

Anak selebgram Aghnia Punjabi diduga dianiaya pengasuh. Wajah anaknya babak belur. Mata kiri lebam, bekas luka di daun telinga, dan bibir juga terluka.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024