SBY Canangkan Penanaman 1 Miliar Pohon

Presiden SBY menanam pohon di acara puncak perayaan Hari Anak Nasional 2010.
Sumber :
  • Biro Pers Istana Presiden/ Abror Rizki

VIVAnews - Saat menjadi keynote speaker dalam acara 'Business for the Enviroment', Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengklaim, Indonesia merupakan tempat yang tepat untuk mengadakan konferensi ramah lingkungan.

"Anda memilih tempat yang tepat untuk menyelenggarakan konferensi bisnis untuk lingkungan," kata Presiden, di Hotel Shangrila, Kamis 28 April 2011.

Yudhoyono mengaku Indonesia saat ini tengah berambisi menanam satu miliar pohon. "Ya, satu miliar pohon nasional. Jika ada yang tertarik menanam pohon atas nama anda, beritahu kami," kata SBY.

Menurut Yudhoyono, Indonesia juga merupakan tempat untuk diplomasi iklim. Hal tersebut dicanangkan di Bali empat tahun silam. Menurut Pesiden, Indonesia telah lama berkonsentrasi pada perubahan iklim.

Dijelaskan SBY, isu perubahan iklim masih menjadi persoalan serius yang jadi perhatian masyarakat internasional. "Inilah sebabnya mengapa pertemuan Anda di sini sangat penting untuk menunjukkan bahwa masalah iklim dan tantangan ekonomi merupakan masalah sulit dan khususnya di Timur Tengah," kata dia.

Selanjutnya, kata Presiden, sudah saatnya kita berpikiran lain. "Memikirkan cara baru untuk mengatasi tantangan monumental yang dihadapi hari ini dan besok," kata dia.

Tahun 2050 mendatang, kata dia, populasi dunia akan mencapai 9 miliar. Oleh karenanya dibutuhkan udara bersih, makanan, energi, air, dan sumber daya. "Namun, menurut beberapa perkiraan, pada tahun 2050 sumber daya energi kita akan menurun sebesar 40% dan suplai makanan 60%," imbuhnya.

Presiden mengaku Indonesia tidak pernah ragu mendorong persoalan kerjasama iklim. "Saya yakin Indonesia dapat menerapkan ekonomi hijau untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 7% dan 26%," kata dia.

Menurut Presiden, semua mempunyai peran untuk menjaga masa depan iklim dunia. SBY mengajak, menjaga iklim dari hal-hal kecil seperti penggunaan bahan daur ulang, menanam pohon di halaman belakang , dan menggunakan peralatan hemat energi. Dia berpendapat jika hal tersebut dilakukan dengan ketekunan akan berdampak besar terhadap upaya untuk mengurangi dampak perubahan iklim. (eh)

Tak Melulu Konsumsi Pil Vitamin, Ini 5 Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi
Lolly, putri sulung Nikita Mirzani

Tegas! Nikita Mirzani Coret Nama Lolly dari KK, Hak Waris, dan Asuransi: Sudah Gak Peduli!

Lolly sendiri saat ini sudah pulang ke Indonesia setelah tinggal lama di London, Inggris. Nikita Mirzani tahu anaknya itu pulang berdasarkan informasi dari sosial media.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024