Taufiq Kiemas: Lawan NII, Kita Tidak Kompak

Taufiq Kiemas - Habib Rizieq (FPI) bersalaman disaksikan Lukman Hakim
Sumber :
  • Antara/ Andika Wahyu

VIVAnews - Ketua MPR, Taufiq Kiemas, menilai kasus Negara Islam Indonesia (NII) yang akhir-akhir ini merebak di tengah masyarakat merupakan gerakan ideologi.  Menurut Kiemas, untuk menghalau pengaruh ideologi ini, perlu ada penguatan Pancasila di masyarakat.

"Jangan ngomong asal menguap saja. Ideologi kita ada nggak? Sering nggak kita bicara Pancasila?" kata Kiemas di DPR RI, Jakarta, Selasa 3 Mei 2011.

Menurutnya, masyarakat harus kompak mendukung ideologi negara Pancasila. Dengan begitu ideologi NII akan mati dengan sendirinya karena tidak mendapat dukungan masyarakat. "Kita semua pasti tidak setuju NII, cuma nggak kompak," kata Kiemas.

Masyarakat, kata dia, harus melawan gerakan bawah tanah NII dengan penguatan ideologi Pancasila. MPR mengharapkan gerakan penguatan Pancasila tersebut sifatnya inisiatif dari masyarakat, bukan hanya sekadar dari pemerintah.

Dia menambahkan, masyarakat harus optimis dengan Pancasila. "Kalau pesimis, jangan jadi warga negara Indonesia," kata Kiemas.

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia
Kapal hantu

10 Kapal Hantu yang Masih Menghantui Lautan Hingga Saat Ini

Kapal hantu mengacu pada kapal yang ditemukan terapung di laut tanpa ada awak di dalamnya. Kapal-kapal ini sering kali menimbulkan konotasi yang menakutkan atau misterius

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024