Jelang Waisak, Bikhu Gelar Prosesi Pindapatta

Waisak
Sumber :
  • Antara/Andika Betha

VIVAnews -- Pada Selasa 17 Mei 2011, umat Budha akan merayakan Hari Raya Waisak 2555 BE/ 2011. Sejumlah ritual diselenggarakan jelang perayaan agung itu.

Salah satunya Pindapitta di mana umat Budha memberikan derma pada para bikhu maupun bikhuni. Prosesi ini digelar di Vihara Liong Hok Bo Magelang, hari ini.

Sebelum melakukan prosesi, para bikhu dan bikhuni yang berjumlah 140 orang dan berasal dari tiga sangha, yakni sangha Mahayana, Teravada dan Tentrayana, terlebih dahulu melakukan doa puja bakti di vihara. Selesai melakukan puja bakti, para bikhu dengan membawa wadah menyerupai mangkuk besar berjalan kaki mengitari  pertokoan kawasan  pecinan di Jalan Pemuda Kota Magelang.

Selanjutnya, kalangan pemilik toko yang beragama Budha pun memberikan derma kepada rombongan bikhu. "Biasanya umat Budha memberikan derma dalam bentuk  makanan, obat-obatan dan lain-lainnya," ujar bikhu, Dwi Virya, Senin 16 Mei 2011.

Di Indonesia, Pindapatta hanya dilakukan jelang Waisak. Padahal, di negara lain seperti  Thailand dan Kamboja dilakukan tiap hari. "Di negara-negara tersebut, Pindapatta dilakukan setiap pagi," terang dia.

Dijelaskan Dwi Virya, Pindapatta sendiri telah dilakukan  sejak zaman Sang  Budha. Tujuannya, untuk  mendekatkan para bikhu dengan umat.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, puncak peringatan Waisak akan digelar di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah. Tidak hanya dari dalam negeri, umat Buddha dari berbagai negara juga diperkirakan hadir dalam  perayaan nanti. Di candi Budha terbesar di Indonesia itu, akan dilepas 1.000 lampion ke udara. (eh)

Laporan: Fajar Sodiq| Solo

Indonesia All Star Diisi Pemain Terbaik Guna Hadapi Red Sparks
Ilustrasi pelecehan seksual

Terekam CCTV Cabuli Gadis Panti Asuhan, Ketua PSI Gubeng Surabaya Dicokok Polisi 

Pelaku yang mengaku sebagai pendeta itu diminta mengobati CH. Bukannya diobati, pelaku malah melecehkan korban di lantai dua panti asuhan di Sukolilo.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024