Keluarga Hendro Pertanyakan Surat Sita Densus

Foto terduga teroris Sukoharjo, Sigit Qurdowi (kanan) & Hendro Yunianto
Sumber :
  • Antara/ Dhoni Setiawan

VIVAnews -- Sejumlah barang milik terduga teroris, Hendro Yunanto disita pihak kepolisian. Penyitaan dilakukan setelah Hendro tewas ditembak anggota Detasemen Khusus 88 Anti Teror karena diduga terlibat jaringan teroris.

Namun, pihak keluarga mengaku belum menerima surat sita dari kepolisian atas sejumlah barang Hendro itu. Bahkan, surat penangkapan Hendro juga belum diterima keluarga.

Keluarga Hendro pun, mempertanyakan surat-surat itu kepada pihak kepolisian. “Hingga hari ini belum ada surat penangkapan ataupun surat sita,” kata M Kurniawan, Ketua The Islamic Study and Action Center (ISAC) yang menjadi pendamping keluarga Hendro, di Sukoharjo, Jawa Tengah, Kamis 19 Mei 2011.

Barang-barang Hendro yang disita oleh Densus 88 Anti Teror meliputi satu unit sepeda motor Supra Fit dengan plat nomor AD 6496 UK, satu buah handphone Sony Ericsson seri W580, satu buah handphone merek Nokia seri 2300 dan satu buah tas yang berisi Al Quran serta baju.

“Kami meminta kepada Kapolri Jendral Timur Pradopo untuk segera mengembalikan barang-barang milik Hendro Yunanto yang telah dikuasai secara tidak sah oleh Densus 88 Anti Teror,” kata Kurniawan.

Selanjutnya, ISAC menilai Densus 88 yang menembak mati Sigit Qurdhowi dan Hendro Yunanto telah meresahkan dan mengobarkan warga. “Artinya, Polri telah gagal dalam melayani, melindungi dan mengayomi masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri, Brigjen Pol Ketut Untung Yoga Ana mengatakan, Densus 88 selalu memberikan surat atas penyitaan barang siapapun. "Densus itu bukan polisi unit. Mereka itu profesional," kata Yoga kepada VIVAnews.com.

Menurut dia, surat itu pasti telah diberikan pada waktu penyitaan. Namun, keluarga Hendro yang diberi surat itu belum memberitahukan kepada orang tua Hendro. "Keluarga itu kan banyak. Mungkin dikasih ke salah satu keluarga dia, dan belum memberitahukannya kepada keluarga Hendro lainnya," kata Yoga. (Laporan: Fajar Sodiq l Solo, umi)

Top Trending: Suami Sandra Dewi Punya Saham Triliunan, Ramalan Jayabaya Soal Masa Depan Indonesia
Nikita Mirzani

Terungkap, Alasan Rizky Irmansyah Sukses Curi Perhatian Nikita Mirzani

Di mata Nikita Mirzani, Rizky Irmansyah adalah sosok laki-laki berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024