Bali Sahkan Peraturan Tata Kelola Sampah

Sampah di Pantai Sanur, Bali, ditimbun ke dalam lubang
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Setelah mendapat sorotan dari Majalah terbitan Amerika Serikat, Time, edisi 1 April 2011 tentang sampah yang membludak khususnya di sekitar Pantai Kuta, para pengambil kebijakan di Bali berpikir keras mengatasi persoalan klasik tersebut.

Bukan Cuma Rancang Busana, IFPC Lahirkan Pengusaha Mode Muda Indonesia

Dalam kerangka mengatasi banyaknya gunungan sampah di Bali, selain meniru kebijakan di Singapura, Pemerintah Provinsi Bali juga mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah tentang sampah.

Setelah melalui proses panjang, akhirnya Ranperda Sampah disahkan. Pada rapat paripurna yang digelar di ruang sidang utama, Kamis 26 Mei 2011, Ketua Pansus Ranperda Sampah, Gusti Lanang Bayu Wibiseka mengatakan, pengesahan ranperda menjadi perda diharapkan mampu menanggulangi persoalan sampah di Bali.

Hanya saja, ia mengatakan sampah di Bali belum bisa disulap menjadi tenaga pembangkit listrik.

"Diharapkan persoalan sampah di Bali dapat diselesaikan dengan disahkannya perda ini. Meski begitu, sampah di Bali, meski volumenya cukup besar, namun belum mampu disulap jadi tenaga pembangkit listrik," ucapnya, saat ditemui usai rapat paripurna, Kamis 26 Mei 2011.

Dilanjutkan, perda sampah ini nantinya diharapkan mampu dijalankan dengan baik dan dapat dijadikan pegangan bagi pengambil kebijakan untuk diimplementasikan di kabupaten/kota se-Bali. Apalagi, katanya, persoalan sampah di Bali sempat menjadi sorotan media asing, Time, edisi 1 April 2011.

"Dengan telah disahkannya ranperda ini, diharapkan kabupaten/kota bersatupadu untuk menyelesaikan persoalan sampah di Bali," katanya.

Sementara itu, Wakil Gubernur AA Puspayoga berharap perda ini juga dapat menjadi ruang pembelajaran bagi masyarakat Bali dalam mengelola sampah. "Apalagi, sampah juga sebetulnya dapat dimanfaatkan secara ekonomis," ujarnya.

Puspayoga melanjutkan, melalui perda ini, diharapkan masyarakat mampu memilah dan memilih antara sampah organik dan anorganik. Kendati begitu, ia juga berharap agar masyarakat sedapat mungkin memupuk kesadaran masyarakat.

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

"Tanpa kesadaran masyarakat, mustahil persoalan sampah ini bisa selesai. Maka dari itu, penting kiranya masyarakat juga membangun kesadaran untuk menyelesaikan persoalan sampah ini," ujar dia.

Laporan: Bobby Andalan | Bali

Jose Mourinho saat masih menangani Manchester United

Pemain MU yang Tak Diinginkan Jose Mourinho Masih Ada Sampai Sekarang

Jose Mourinho mengecam beberapa pemain senior yang ada dalam skuad Manchester United saat ini. Dia mengaku beberapa pemain yang ada sekarang pernah tak diinginkan.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024