HM Soeharto Center Akan Dibangun di Yogya

Presiden Soeharto
Sumber :
  • AP Photo

VIVAnews - Sejumlah tokoh hadir dalam sarasehan "Menggali Pemikiran Bapak HM Soeharto Tentang Pembangunan Menuju Bangsa Indonesia Yang Lebih Baik" yang diadakan malam ini di hotel Le Meridian.

Sarasehan dalam rangka hari ulang tahun ke-90, Presiden Soeharto ini sekaligus dalam rangka pendirian Pusat Kajian Jenderal Besar HM Soeharto (HM Soeharto Center).

Acara ini dimoderatori oleh Ismet Fanani, Guru Besar Deakin University, Melbourne-Australia. Beberapa narasumber yang hadir diantaranya adik Soeharto yaitu Probosutedjo, Haryono Suyono, Sri Edi Swasono, Prabowo Subianto, Maftuh Basyuni, Jimly Asshidiqie, dan Bungaran Saragih.

"Beberapa pemikiran Bapak HM Soeharto relevan untuk dikaji dan dikembangkan bagi masa depan negara, untuk itu kami berusaha mengambil sisi baik dengan mendirikan H.M. Soeharto Center," kata Maftuh Basyuni, Rabu 8 Juni 2011.

Probosutedjo yang turut memprakarsai pembangunan H.M. Soeharto Center menyesalkan tuduhan yang selama ini menimpa kakaknya.

"Saya tidak senang Pak Harto dicaci maki terus ya, ini salah satu alasan kenapa saya memprakarsai pusat pengkajian ini. Sekarang begini lho, kalau dia dituduh KKN, Buktinya KKN itu mana?" kata adik kandung Soeharto itu.

Sementara menurut Prabowo Subianto, Pak Harto adalah orang yang sangat memegang nasionalisme. Orang-orang terpilih dalam kabinet Presiden kedua Republik Indonesia itu umumnya terdiri dari profesor ataupun dekan universitas pilihan.

"Kepemimpinan beliau tidak lepas dari orang-orang yang capable di negeri ini, dalam setiap pemikiran dan kebijakan beliau itu yang mendorong adalah nasionalitas. Maka itulah, beliau memilih orang-orang terpintar yang ada di republik," kata Prabowo Subianto.

Menurutnya, kepemimpinan Pak Harto sempat membuat Indonesia dijuluki Macan Asia dan banyak negara tetangga yang meniru Indonesia di jaman orde baru.

"Beliau tidak melihat latar belakang suku, tapi orang yang paling pintar itu yang diambil. Keberhasilan itu paling tidak dalam 20 tahun pertama orde baru," lanjutnya.

Namun dia sepakat dengan Bungaran Saragih bahwa kepemimpinan Pak Harto kala itu terlalu lama. "Tapi itu salah kita juga, pada saat pak Harto mau turun kita bilang 'Jangan turun, seluruh rakyat menghendaki bapak' saya tahu beliau pernah memanggil 11 tokoh bangsa, ada Pak Habibie juga waktu itu dan beliau tanya 'Bagaimana apakah saya harus Maju?' Dan semua serempak menjawab: Ya Bapak harus tetap maju. Jadi ya kita ikut salah," ujar Ketua Partai Gerindra itu.

Rencananya, setelah beberapa workshop, bangunan H.M Soeharto Center akan didirikan di tanah milik Probosutedjo di Jalan Mangkubumi Yogyakarta.

"Saya rasa saat ini Pak Harto sedang mengalami perubahan imej yang sama (dengan jaman Bung Karno). Ini lampu kuning menuju ke hijau. Jadi kenapa Pak Harto menonjol menurut saya karena kekecewaan orang kepada tim yang sekarang berlaku, pada kinerja tim yang dipimpin Presiden sekarang," ujar mantan ketua MK, Jimly Asshidiqie.

Tujuan didirikannya H.M Soeharto Center ini untuk memberikan sumbangan pada bangsa dan negara tentang pemikiran-pemikiran  pembangunan Indonesia saat ini dan di masa mendatang dalam berbagai bidang seperti Ekonomi, Politik dan Manajemen Negara. Selain itu juga akan dibangun masjid dalam pusat pengkajian ini.

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or
Nyamuk aedes aegypti.

Kasus DBD Melonjak Tajam di Jakarta, Dinkes DKI Ungkap Penyebabnya

Dinas Kesehatan saat ini turun tangan untuk mengatasi persoalan kasus DBD di Jakarta, dengan menyosialisasikan para warga untuk melakukan gerakan 3M.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024