Mega: Mahasiswa Wajib Baca Lahirnya Pancasila

Peringatan Hari Pancasila
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Mantan Presiden Megawati Soekarno Puteri mewajibkan mahasiswa membaca buku lahirnya Pancasila 1945. Buku itu merupakan stenografisch verslag dari pidato Bung Karno yang diucapkan tidak tertulis dalam sidang pertama 1 Juni 1945.

Mega juga meminta mahasiswa tidak hanya membicarakan Pancasila tetapi juga mengamalkannya. “Kuliah umum seperti ini tidak hanya didengar saja, tetapi harus dilaksanakan,” kata Megawati saat memberikan kuliah umum Pancasila Memperingati Lahirnya Pancasila di Universitas Janabadra, Yogyakarta, Rabu 9 Juni 2011.

Ia menyatakan, mahasiswa harus bersikap kritis, bertindak cepat, dan berkepribadian sesuai dengan budaya Indonesia. Dalam melaksanakan hal tersebut, harus berpegang kepada empat pilar, yaitu Negara Kesatuan Republik Indonesia, Pancasila, Bhineka Tunggal Ika dan Undang-undang Dasar 1945.

Mega menilai, Pancasila tidak lagi ada di hati nurani bangsa Indonesia. Hal ini terlihat dari korupsi yang merajalela.

“Karena Pancasila tidak diimplementasikan, korupsi tetap terjadi. Akibatnya, kemiskinan dan pengangguran muncul,” ucap Ketua Umum PDI Perjuangan ini.

Bagi mahsiswa yang sudah lulus kesarjanaannya, saat ini banyak yang bekerja tidak pada bidangnya dan sulit mencari pekerjaan. Padahal untuk menjadi sarjana harus menempuh kuliah selama bertahun-tahun.

Ia menambahkan, dalam memperingati Pancasila 1 Juni, hal yang lebih penting bukanlah pada acara seremonialnya. Tetapi hikmah dan manfaat bagi bangsa ke depan untuk menhadapi berbagai tantangan jaman yang semakin kompleks.

“Bagi saya peringatan ini merupakan jalan baru, jalan ideologis untuk mempertegas tidak ada bangsa besar jika tidak bertumpu pada ideologi yang mengakar pada nurani rakyatnya,” kata dia.

Serang Israel, Uni Eropa Bakal Jatuhi Iran Sanksi

Laporan: Erick Tanjung | Yogyakarta

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri

Mobil Sedan Ludes Hangus Terbakar di SPBU Ngadirojo Wonogiri, Polisi Langsung Olah TKP

Sebuah mobil sedan terbakar di SPBU Kecamatan Ngadirojo, Wonogiri saat hendak isi BBM pada Selasa, 23 April 2024. Polisi langsung olah TKP.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024