Keluarga Minta Jenazah Ruyati Dipulangkan

Ruyati
Sumber :
  • VIVAnews / Erik Hamzah

VIVAnews - Keluarga meminta jenazah Ruyati binti Satubi (54), tenaga kerja asal Indonesia dikembalikan ke tanah air.

"Keluarga mohon agar Ibu bisa dipulangkan ke rumah dan dimakamkan di sini, di pemakaman keluarga," ujar Een Nuraeni, anak pertama Ruyati saat berbincang dengan VIVAnews di rumah duka, di Jalan Raya Sukatani Kampung Ceger RT 03 RW 02 Desa Sukadarma Kecamatan Sukatani Kabupaten Bekasi, Minggu 19 Juni 2011.

Setelah dihukum pancung oleh pemerintah Arab Saudi pada hari Sabtu 18 Juni 2011, waktu setempat, jenazah Ruyati langsung dimakamkan di Mekkah.

Pihak keluarga tidak diberitahu sebelumnya bahwa Ruyati akan dieksekusi dan langsung dimakamkan di negeri Raja Abdullah Ibn Abdulaziz Al Saud itu.

"Seharusnya sebelum Ibu di esksekusi, keluarga dikabari terlebih dahulu. Kami tidak terima dan kecewa kepada pemerintah," ujar Epi Kurniati (32) anak kedua Ruyati.

Epi juga meminta agar hak-hak Ibunya selama bekerja harus diberikan secara penuh.

Selain keluarga, LSM Migrant Care juga meminta pemerintah Indonesia mengupayakan agar jenazah Ruyati dapat dipulangkan ke tanah air.

Rencananya, surat permohonan resmi akan disampaikan ke Kementerian Luar Negeri pada hari Senin, 20 Juni 2011, besok.

"Kita sudah satu suara dengan keluarga meminta agar Ruyati bisa di makamkan di rumahnya," kata Nining Djohar, Staff Advokasi Migrain Care.

Selain berisi permohonan agar jenazah di pulangkan, dalam surat itu Migrant Care juga akan meminta keterangan kepada Kemenlu, seputar kasus yang menimpa Ruyati. Dan meminta penjelasan yang transparan terkait kasus yang menimpa Ruyati.

"Selama dia ditahan sampai diesksekusi. Informasi yang diterima sangat minim. Dia sejak ditahan pada 12 Januari 2010, tidak diketahui siapa pengacara dari Pemerintah yang mendampingi," jelasnya.

Migrant Care, kata Nining, selama ini mendapatkan informasi seputar kasus yang menimpa Ruyati hanya melalui jaringan TKW di Arab Saudi. (sj)

 Laporan: Erik Hamzah | Bekasi

Prediksi Pertandingan Liga 1: Persib Bandung vs Borneo FC
Ilustrasi game changer.

Proyek Ini jadi 'Game Changer'

Game changer merupakan istilah yang mengacu pada perubahan atau inovasi yang mendasar dalam industri atau pasar yang mengubah dinamika yang ada dan ciptakan standar baru.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024