Azan Ashar Iringi Pemakaman Zainuddin MZ

Jenazah Zainuddin MZ disemayamkan di rumah duka
Sumber :
  • Antara/ Dhoni Setiawan

VIVAnews - Jenazah Da'i Sejuta Umat, KH Zainuddin MZ, dimasukkan ke liang lahat bersamaan dengan kumandang adzan salat Ashar. Gubernur DKI Fauzi Bowo tiba sesaat sebelum jenazah dimakamkan.

Pantauan VIVAnews.com, warga sekitar, tokoh masyarakat, alim ulama, dan warga dari berbagai daerah menyemut saat jenazah KH Zainuddin MZ masuk liang lahat. Zainuddin MZ dikebumikan di depan pekarangan Masjid Fajrul Islam, Gandaria, Jakarta Selatan, tepat berada di depan rumahnya.

Di bawah tenda biru, di belakang masjid, ribuan orang memadati lokasi pemakaman. Iringan tahlil dan takbir mengiringi proses pemakaman. Derai air mata dan isak tangis pecah saat jenazah Zainuddin MZ masuk liang lahat. Bahkan, juru foto dan televisi sempat adu mulut dengan salah satu warga yang memaksa masuk melihat pemakaman.

"Saya mau lihat Kiai, masa tidak boleh," kata warga kepada sejumlah juru foto. Padahal, kondisi pagar yang dipanjat tidak cukup kuat menahan beban beberapa juru foto dan televisi.

Warga dan jamaah dari beberapa organisasi massa memberi tabur bunga. Panas tidak menyurutkan niat para warga dan jamaah yang melakukan proses pemakaman.

Putra-putra Zainuddin MZ tampak mengiringi jenazah ke liang lahat. Sesaat sebelum jenazah dimakamkan, Gubernur DKI Fauzi Bowo tiba. Gubernur yang biasa disapa Foke itu langsung memanjatkan doa untuk almarhum.

Massa menyemut mulai dari rumah hingga ke lokasi pemakaman. Ribuan orang mengiringi pemakaman Zainuddin MZ. Bahkan, masih terlihat terus berdatangan.

Tokoh-tokoh lain yang terlihat di pemakaman yakni Menteri Hukum dan HAM Patrialis Akbar, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, AM Fatwa, dan Rhoma Irama. (eh)

Terkuak, Toko Frame Mampang yang Alami Kebakaran Maut Tidak Punya Pintu Darurat
VIVA Militer: Serah terima jabatan Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Mereka sama-sama abituren Akademi Militer 1991.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024