Gunung Lokon Meletus

Lokon Muntahkan Material Setinggi 3.500 Meter

Gunung Lokon di Tomohon menyemburkan lava pijar
Sumber :
  • Antara/ Jemmy

VIVAnews - Gunung Lokon kembali meletus. Gunung yeng terletak di Tomohon, Sulewesi Utara itu memuntahkan material panas setinggi 3.500 meter di atas mulut kawah.

"Telah terjadi letusan Lokon tadi pukul 10.34 Wita," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Surono kepada VIVAnews.com, Mingggu 17 Juli 2011.

Menurut dia, ledakan kali ini tergolong lebih besar dari sebelumnya. Semburan material panas tampak tegak lurus dari mulut kawah. "Semburan material panas seperti pasir halus, debu dan material lainnya terlihat tegak lurus mencapai ketinggian sekitar 3.500 meter dari mulut kawah," kata dia.

Menurut dia, hingga saat ini, aktivitas kegempaan Lokon masih tinggi. Energi yang disimpan gunung ini juga diprediksi masih besar. "Gempa tremor, gempa dalam masih tinggi," kata Surono.

Namun, belum diketahui apakah  letusan kali ini kembali mengakibatkan kebakaran hutan di sekelilingnya seperti yang terjadi sebelumnya. "Karena kejadiannya siang tidak terlihat. Selain itu gunung juga diselimuti kabut," kata dia. (adi)

Hasbi Hasan Dituntut 13 Tahun Bui, Pengacara: Tak Rasional, Seperti Balas Dendam
Sekjen DPP Partai Golkar, Letjen TNI (Purn.) H. Lodewijk Freidrich Paulus

Sekjen Golkar Tegaskan Munas Tak Bisa Dimajukan Sebelum Desember 2024

Menurut Sekjen Golkar Lodewijk F Paulus, Munas yang dihelat Desember 2024 sudah diatur dalan AD/ART partai.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024