Boediono: Salurkan Zakat ke Sektor Pendidikan

Obrolan Langsat : Boediono
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Wakil Presiden Boediono berharap zakat bisa disalurkan ke sektor pendidikan. Menurut Wapres, zakat dapat berperan membantu pembiayaan siswa muslim dan sekolah yang tidak mampu.

"Selain itu, untuk pemberdayaan para lulusan pesantren yang memerlukan pendidikan keterampilan, sehingga mereka lebih mudah mendapat pekerjaan," kata Boediono saat memberikan sambutan dalam International Zakat Conference (IZC) 2011 di Institut Pertanian Bogor, Jawa Barat, Selasa 19 Juli 2011.

Menurut Boediono, saat ini berkembang wacana di masyarakat yang menyebutkan zakat untuk keperluan konsumsi atau produksi. Wacana ini, kata Boediono, harus dibahas dalam forum zakat internasional tersebut.

"Sebagai orang awam dalam bidang ini, saya berpendapat tidak ada yang salah apakah zakat dimanfaatkan untuk keperluan konsumsi atau produksi," ucapnya.

"Namun, dari sisi efektivitas zakat, sebagai instrumen yang diharapkan dapat ikut mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan umat, wacana zakat untuk keperluan produksi tentu lebih menarik," ujar Boediono.

Untuk merealisasikan potensi zakat yang sangat besar itu, Boediono menilai perlunya sosialisasi yang terus-menerus kepada masyarakat, betapa pentingnya peran zakat dalam pengentasan kemiskinan. "Upaya sosialisasi ini paling efektif dilakukan oleh para pemuka agama, sebagai bagian dari dakwah untuk menyadarkan umat," katanya.

Boediono juga menilai peran Badan Amil Zakat dan Lembaga Amil Zakat serta organisasi-organisasi kemasyarakatan Islam sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat muslim membayar zakat.

Menurut dia, sektor pengelolaan zakat atau governance merupakan hal penting dalam mengurus zakat. "Governance yang saya maksudkan adalah prinsip akuntabilitas dan transparansi dalam pengelolaan zakat, terutama oleh Badan dan Lembaga Amil Zakat yang ada," katanya.

Pengelolaan itu mencakup pengumpulan, penyaluran yang efektif kepada mustahik, dan pelaporan yang transparan kepada pemberi zakat serta publik pada umumnya.

Menurut Boediono, aspek terpenting dari pengumpulan adalah kemudahan pemberi zakat untuk menghitung dan menyalurkan zakatnya. Selain itu, pedoman praktis menghitung zakat secara mandiri seperti yang selama ini telah dibuat oleh beberapa Badan dan Lembaga Amil Zakat akan sangat membantu.

"Demikian juga penyaluran oleh Badan atau Lembaga Amil Zakat yang memudahkan penyaluran zakat melalui rekening bank, itu akan sangat membantu. Alangkah baiknya bila Badan dan Lembaga Amil Zakat juga menjalin kerja sama dengan bank-bank syariah," tuturnya. (art)

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum
Ilustrasi wanita/bercinta.

Terpopuler: Hal yang Dilakukan Suami Jika Istri Hyperseks sampai Bahaya Pijat Perbesar Penis

Round-up dari kanal Lifestyle pada Kamis, 25 April 2024, salah satunya tentang saran dokter Boyke untuk suami yang memiliki istri Hyperseks.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024