Warga Tawuran, Gubernur Bali Malu

Gubernur Bali I Made Mangku Pastika
Sumber :
  • Wima Saraswati/VIVAnews

VIVAnews --  Bentrokan antar pemuda pecah di Kabupaten Bangli Selasa sore 19 Juli 2011. Pemicunya sepele, yaitu berawal dari pertengkaran anak sekolah yang meluas menjadi kerusuhan antar dua kelompok warga.

Korban jiwa jatuh dalam kerusuhan tersebut. Jro Selamet alias Jro Kli (55) asal Banjar Serongga, Desa Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli tewas. Sementara puluhan orang luka-luka.

Kejadian ini sangat disesalkan Gubernur Bali, Made Mangku Pastika. Orang nomor satu di Pulau Dewata ini mengaku malu. Apalagi, kata dia, Bali sudah menjadi model kerukunan dan toleransi baik di Indonesia maupun di dunia internasional.

18 Killed in Oman Over Heavy Rains and Flash Floods Lash UAE

“Saya sangat prihatin dan sekaligus malu sekali dengan kasus kerusuhan tersebut. Masa hanya gara-gara anak sekolah bertengkar akhirnya melibatkan warga masyarakat. Ini sudah bertentangan dengan nilai-nilai lokal Bali,” ujar Pastika di Wisma Sabha, Denpasar, Rabu 20 Juli 2011.

Pastika berharap kasus tersebut tidak terulang lagi di masa yang akan datang. Untuk itu, para tokoh masyarakat, tokoh agama, pejabat, para pendidik dan sebagainya segera memperhatikan kasus tersebut. Bali itu sudah dikenal dengan konsep “menyama braya” (semangat persaudaraan) yang kental. Selain itu kearifan lokal Tri Hita Karana juga seakan-akan luntur ditelan derasnya gempuran globalisasi.

Dia menambahkan, para pendidik, orang tua, penglingsir harus terus menerus memperhatikan nilai-nilai lokal tersebut. "Anak-anak sekolah perlu diajar, ditanamkan nilai-nilai kearifan lokal. Sehingga segala masalah, konflik dan sebagainya bisa diselesaikan dengan kepala dingin."

Penemu Partikel Tuhan Meninggal Dunia

Penyebab Masalah

Sebelumnya, ribuan massa antara Desa Songan dan Banjar Kawan, Kabupaten Bangli, Bali, Selasa 19 Juli 2011 sekitar pukul 19.30 WITA terlibat bentrokan yang dipicu oleh perkelahian antarpelajar. Dalam insiden berdarah itu satu tewas sementara delapan  luka-luka.

Peristiwa berdarah berawal dari kasus pengeroyokan puluhan siswa asal Banjar Kawan terhadap empat siswa SMK 2 Bangli asal Desa Songan  di Desa Kayubihi.

Film Now You See Me 3 Sedang Digarap, Bakal Ada Wajah Baru yang Bergabung!

Lalu. empat  siswa yang menjadi korban penganiayaan itu melapor ke Polres Bangli. Warga Songan yang emosi, dalam waktu yang singkat sudah berkumpul hendak menyerang Banjar Kawan. Niat ini sempat dicegah dan ditenangkan tokoh masyarakat dan juga aparat kepolisian. Namun massa berhasil lolos menembus aparat sampai akhirnya bentrok fisik pun pecah di sekitar lingkungan Cempaga Bangli. (ren)

Laporan: Bobby Andalan| Bali

Mobil hilang kendali, terbang dan menabrak garasi

Viral Mobil Sedan Terbang dan Masuk Garasi Rumah Komplek Elite

Sebuah tragedi terjadi di Jurupa Valley, California pada pekan lalu di Amerika Serikat. Di pagi hari yang cerah, mobil sedan melaju dengan kecepatan tinggi memasuki jalan

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024