Abu Lokon Menyebar Hingga Radius 7,5 Km

Gunung Lokon di Tomohon menyemburkan lava pijar
Sumber :
  • Antara/ Jemmy

VIVAnews - Gunung Lokon masih menunjukkan aktivitas yang cukup tinggi. Gunung yang terletak di Tomohon, Sulawesi Utara itu masih mengeluarkan asap tebal ke udara dengan ketinggian mencapai 200 meterĀ  dari mulut kawah.

"Masih terjadi hembusan asap dengan ketinggian maksimum sekitar 200 meter dari bibir kawah," kata Kepala Pusat Informasi dan Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho, Kamis 21 Juli 2011.

Menurut Sutopo, sebaran abu letusan mengarah Barat dan Barat-Laut. Radius sebaran abu itu mencapai beberapa kilo meter dari Lokon. "Mencapai lebih dari 7.5 km dengan ketebalan sekitar 1 mm," kata dia.

"Hujan abu lebat maximum sampai radius 3 km dari kawah Tompaluan."

Tak hanya abu vulkanik. Lokon juga masih memuntahkan material pijar dari perut kawah. "Lontaran material pijar maksimum menjangkau 2.5 km dari kawah Tompaluan," kata dia.

Namun demikian, daerah berbahaya telah diciutkan. Jika sebelumnya dalam radius 3.5 km tak boleh ditinggali penduduk, sekarang telah diciutkan menjadi radius 3 km dari Lokon. "Daerah bahaya dalam radius 3 km dari Kawah Tompaluan. Masyarakat yang bertempat tinggal diluar radius 3 km dapat kembali ke rumah masing-masing dan melakukan kegiatan seperti biasa," kata Sutopo.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka
Chicco Jerikho

Sempat Berhadapan dengan Maut, Chicco Jerikho Akui Jadi Semakin Dekat dengan Tuhan

Sempat mengalami sesak nafas, hingga tak bisa sadarkan diri. Chicco Jerikho mengaku saat itu sudah seperti berada di ambang kematian.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024