Radius Bahaya Lokon Dikurangi 500 Meter

Gunung Lokon, Sulawesi Utara, meletus
Sumber :
  • Antara/ Basrul Haq

VIVAnews - Radius bahaya Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara, berkurang 500 meter dari radius sebelumnya. Hal ini membuat puluhan pengungsi dapat kembali ke rumah mereka masing-masing mulai besok, Sabtu, 23 Juli 2011.

Berdasarkan laporan dari Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Jumat, 22 Juli 2011, radius bahaya kini menjadi 3 km. Sebelumnya: 3,5 km.

Sebanyak 50 pengungsi dari wilayah Kakaskasen I, Kinilow dan Kinilow I, mulai besok akan dipulangkan ke tempat mereka masing-masing. "Pemulangan pengungsi yang bermukim di luar radius 3 km akan dilaksanakan mulai besok dan pada hari Minggu, setelah makan siang," kata Sutopo.

Jumlah pengungsi saat ini berjumlah 5.319 jiwa yang berasal dari daerah di radius 3 km dari gunung Lokon. Mereka masih harus tinggal di pengungsian sampai situasi benar-benar aman.

"Pemkot Tomohon bersama BNPB dan TNI POLRI besok pagi akan memasang sejumlah patok pembatas merah sebagai pertanda batas aman warga," ujar Sutopo.

Menurut laporan BNPB, hingga saat ini aktivitas Gunung Lokon masih aktif. Tremor masih terus terjadi, juga hembusan asap dengan ketinggian maksimal 200 meter dari bibir kawah. Lontaran material pijar menjangkau 2,5 km dari kawah Tompaluan. Hujan abu mengguyur lebat sampai radius 3 km dr kawah Tompaluan.

Belum dapat diprediksi kapan Gunung Lokon akan tenang kembali. Hal ini terutama disebabkan oleh keanehan urutan ledakan gunung tersebut. Karakteristik Gunung Lokon dikatakan para ahli berbeda dengan gunung-gunung lain ketika hendak meledak. Hal ini membuat Lokon sulit diramalkan. (kd)

4 Perang Besar dalam Islam yang Terjadi di Bulan Syawal
Ilustrasi Gerhana Bulan Mars.

Menguak Deretan Tanda Kiamat Sugra yang Sudah Terjadi Saat Ini

Tanda-Tanda Kiamat Sugra (Kecil) .Diutusnya Rasulullah SAW Semua rasul diutus oleh Allah SWT untuk kaumnya. Mereka diutus agar beriman kepada Allah SWT. Ini deretannya

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024