Chandra-Johan Tak Lolos Seleksi Pimpinan KPK

Chandra M Hamzah
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mengejutkan, komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi Chandra M Hamzah gagal seleksi menjadi pimpinan KPK untuk kedua kalinya. Johan Budi SP, Juru Bicara KPK, juga turut gagal.

Patrialis Akbar, Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK, menyatakan, hanya 17 orang yang lolos seleksi tahap kedua yang merupakan uji materi yang meliputi kompetensi mau pun personal. "Berkaitan dengan uji integritas juga memperhatikan terhadap masukan-masukan masyarakat selama 1 bulan penuh. Kami mengkaji riwayat hidup yang bersangkutan untuk dipertimbangkan," kata Patrialis di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jakarta, Kamis 28 Juli 2011.

Patrialis menyebutkan, awalnya yang lulus seleksi administrasi 142 orang. Kemudian yang mengikuti tahap seleksi pertama hanya 134 orang, di mana enam lainnya tidak hadir dan dua lainnya mengundurkan diri.

Seleksi ini, kata Patrialis, dilakukan 15 orang dari akademisi, tokoh masyarakat dan praktisi. "Kami sekali lagi mengkompilasi dengan beberapa masukan masyarakat," katanya. "Kriteria berkaitan dengan persoalan kejelasan, koherensi, kecermatan dan kejelasan dan kemenyeluruhan."

Berikut yang lulus seleksi tahap kedua:
1.   Idris SH MH
2.   Zulkarnaen
3.   Dr. Fahmi
4.   Ariyanto Sutadi
5.   Handoyo Sudrajat
6.   Gazal Basaleh
7.   Bernades Panjaitan
8.   Bambang Widjojanto
9.   Edi Suciati AK
10. Yunus Husein
11. Abdullah Hehamahua
12. Abraham Samad
13. Daniel Pangaribuan
14. Darma Parengkuan
15. Adnan Pandu Praja
16. Ana Erliana
17. Said Fadhil.

Ekonomi Global Semakin Seram, Erick Thohir Ungkap Sudah Mulai Terjadi Perang Tarif
Polisi evakuasi jenazah korban pembunuhan di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri)

Terjadi Lagi Kasus Suami Bunuh Istri, Kali Ini di Karimun Kepulauan Riau

Belum selesai kasus suami membunuh istri di Ciamis, muncul lagi kasus pembunuhan keji di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri).

img_title
VIVA.co.id
6 Mei 2024