1.811 Bus Angkutan Lebaran Diuji Kelaikan

Terminal: Arus Mudik
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Dinas Perhubungan Lampung akan melakukan pengecekan kelaikan bus angkutan lebaran untuk rute angkutan kendaraan antar provinsi (AKAP) dan angkutan kendaraan dalam provinsi (AKDP).

"Kami akan mulai melakukan uji kelaikan pada Senin, 8 Agustus 2011," ujar Kepala Dinas Perhubungan Lampung, Eman Hendrawan saat dihubungi VIVAnews, Sabtu 6 Agustus 2011.

Bus yang akan diuji, kata Eman sebanyak 1811 bus. "Itu untuk seluruh kota/kabupaten di seluruh Lampung," katanya.

Untuk melakukan pengujian, Dishub Lampung sendiri menurut Eman, akan menurunkan tim khusus berjumlah 65 orang.

Tim akan diterjunkan langsung untuk memeriksa kelaikan disetiap pool perusahaan bus, terminal Rajabasa dan unit pelayanan terpadu (UPT) masing-masing kota/kabupaten se-Lampung.

"Petugas berasal dari dishub di masing-masing kabupaten/kota dan provinsi. Waktunya kami janjikan tidak akan mundur lagi,” janji Eman.

Pemeriksaan nanti, dijelaskannya, ada delapan elemen. Selain ban, wiper, setir, rem, yang memang wajib diperiksa, pemeriksaan kali ini juga akan memastikan bus memiliki tangga darurat.

"Apakah ada tangga darurat pada bus tersebut,” katanya.

Jika bus sudah memenuhi syarat uji kelaikan akan diberi stiker. "Sedangkan yang tidak diberi stiker (tidak laik) tapi tetap beroperasi, akan dikenakan sanksi, mencabut izinnya," tegasnya. Laporan : Andry Kurniawan | Lampung (adi)

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia
Tangkapan layar anggota KPU RI Idham Holik saat rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat, 15 Maret 2024.

Ganjar-Mahfud Ngaku Tak Dapat Undangan Penetapan Prabowo-Gibran, KPU Bilang Begini

KPU mengeklaim bahwa lembaganya sudah menjalin komunikasi secara pribadi kepada liaison officer atau naradamping pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024