Pengantin Sahur, Tradisi Unik Ramadan

Pengantin sahur
Sumber :
  • Ali Azumar| Riau

VIVAnews - Riau punya banyak cerita unik terkait Ramadan. Salah satunya adalah pesta Pengantin Sahur yang tujuannya membangunkan warga untuk sahur. Tradisi ini terdapat di Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau.

Menurut salah satu warga, M Elmandah, tradisi ini sudah dimulai sejak puluhan tahun lalu. Hingga saat ini tradisi tersebut masih bertahan. Hanya saja, dulu Pengantin Sahur digelar hampir tiap malam selama Ramadan, kini hanya diselenggarakan sekali sepekan.

Pengantin Sahur merupakan acara untuk mengarak pengantin layaknya pengantin betulan. Hanya saja, dalam acara ini yang menjadi pengantinnya keduanya pria. Satu dari mereka dirias bak pengantin perempuan.

Mereka dihias dan dipakaikan baju pengantin betulan. Setelah itu, pengantin yang biasanya terdiri dari tiga pasang pengantin ini diarak menggunakan gerobak ke sekeliling kampung. Malah ada yang menggunakan kuda untuk mengarak pengantin.

"Acaranya dimulai pukul 01.30 WIB hingga pukul 03.00 WIB. Setelah acara selesai dan warga bangun, semuanya mulai makan sahur," kata Elmandah.

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini

Warga bisa dipastikan bakal bangun. Karena selain ramai, arak-arakan Pengantin Sahur juga diiringi lagu Islami menggunakan alat pengeras suara. "Malah warga yang bangun ikut juga keliling," sebutnya.

Tradisi Pengantin Sahur ini mulai luntur. Bila dulu diselenggarakan hampir setiap malam, sekarang hanya dilakukan pada Minggu malam saja. "Kendalanya terkait dana. Karena setiap diselenggarakan, warga harus mengeluarkan dana yang digunakan untuk menyewa baju, make up serta alat penerangan dan pengeras suara," lanjut Zein, Warga Desa Pulau Palas menimpali.

Warga berharap agar hal ini menjadi perhatian pemerintah setempat. "Hendaknya ada perhatian dari pemerintah untuk mempertahankan budaya ini," ujar M Elamdah dan Zein. (Laporan: Ali Azumar | Riau, umi)

CEO X Elon Musk.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

CEO X Elon Musk pada Senin, 15 April 2024 mengusulkan sedikit biaya bagi pengguna baru untuk menulis, membalas, atau menyukai postingan.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024