KPK Juga Periksa Sopir Anak Buah Muhaimin

Sesditjen P2KT Kemenakertrans, I Nyoman Suisanaya
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Sudah hampir 18 jam dua pejabat Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi dan seorang pengusaha diperiksa penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Selain mereka, KPK ternyata juga memeriksa salah sopir dari salah satu anak buah Menteri Muhaimin Iskandar itu.

Dua anak buah Muhaimin itu adalah I Nyoman Suisanaya (Sesditjen Pembinaan dan Pembangunan Kawasan Transmigrasi) dan Dadong Irbarelawan (Kabag Perencanaan dan Evaluasi). Mereka diduga menerima suap dari seorang pengusaha bernama, Dharnawati.

Suap diduga terkait dengan pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrastuktur Daerah (PPID) bidang transmigrasi di 19 Kabupaten tahun 2011. Dengan total nilai Rp500 miliar yang merupakan anggaran dari APBN-P tahun 2011.

"Kami juga periksa sopir dan pegawai berinisial S," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Jakarta, Jumat 26 Agustus 2011. "Mereka masih diperiksa penyidik, masih di atas."

Guru dan IRT Jadi Korban Pinjol Ilegal Terbanyak, OJK: Cek Legalitas dan Logis Sebelum Pinjam

Sopir yang diperiksa merupakan sopir dari I Nyoman.

Seperti diketahui, KPK pada Kamis malam 25 Agustus 2011 menangkap tangan tiga orang yang diduga melakukan serah terima uang sebesar Rp1,5 miliar. Uang itu diduga diberikan terkait pencairan dana Percepatan Pembangunan Infrasturktur Daerah (PPID) bidang transmigrasi di 19 Kabupaten tahun 2011.

Dharnawati ditangkap di kawasan Otista, Jakarta Timur. Sedangkan I Nyoman Suisanaya ditangkap di gedung A lantai 2 Kemenakertrans, Jalan Kalibata, Jakarta Selatan. Serta, Dadong Irbarelawan ditangkap di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Banten.

Usai ditangkap ketiganya langsung menjalani proses pemeriksaan di gedung Kemenakertrans, Kalibata, Jakarta Timur. Dan sekitar jam 21.30 WIB tiba di gedung KPK, Jakarta untuk dilakukan pemeriksaan lanjutan.

Dilanjutkan Johan bahwa Dadong ditangkap di Bandara bukan dalam posisi untuk melarikan diri. Melainkan, yang bersangkutan memang sedang berniat pergi ke suatu daerah.

Sistem Tata Surya.

NASA Sebut Ada Lebih dari 5.000 Planet di Luar Tata Surya, Begini Penjelasannya

 NASA telah mengumumkan keberadaan lebih dari 5.000 planet di luar Tata Surya kita, secara tepatnya 5.005 planet, yang sekarang tercatat dalam arsip eksoplanet mereka.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024