Lebaran, Uang Kiriman TKI Capai Rp800 Miliar

Pemulangan TKI Bermasalah : Bandara Soekarno-Hatta
Sumber :
  • ANTARA/Ismar Patrizki

VIVAnews – Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat mengungkapkan, uang kiriman atau remitansi TKI pada Idul Fitri tahun ini mencapai lebih dari Rp800 miliar.

“Data BNP2TKI menyebutkan, TKI dari luar negeri yang mudik tahun ini berkisar antara 80 ribu sampai 100 ribu orang, dengan jumlah uang kiriman TKI mencapai Rp800 miliar lebih,” Jumhur menerangkan dalam rilisnya, Minggu, 28 Agustus 2011.

“Ada yang mengirim uang ke keluarganya lewat perbankan, membawa sendiri, menitipkan kepada temannya, atau melalui jasa kurir perorangan,” imbuh Kepala Pusat Penelitian dan Informasi BNP2TKI Benyamin Suprayogo.

BNP2TKI mencatat, remitansi atau angka pengiriman uang para TKI dari luar negeri per semester I tahun 2011 hingga Juni lalu sebesar US$3.340.908.140,22 miliar, atau setara dengan Rp28,5 triliun (dengan kurs 1 dolar AS = Rp8.500). Data itu, menurut Benyamin, bersumber dari catatan Bank Indonesia.

“Di luar catatan Bank Indonesia, tentu angkanya jauh lebih banyak, karena tak sedikit TKI yang mengirim uang ke kampung halaman mereka lewat perantara di luar jasa perbankan,” ujar Jumhur. Total remitansi TKI yang masuk ke Indonesia dalam setahun, ujar Jumhur, mencapai lebih dari Rp100 triliun.

Jumhur menambahkan, di luar musim lebaran, jumlah TKI yang pulang ke tanah air tiap bulannya rata-rata mencapai 60 ribu orang. “Namun khusus selama momentum Lebaran, terjadi peningkatan dua kali lipat kedatangan TKI,” kata Jumhur.

Arus mudik TKI dihitung sejak 10 hari menjelang lebaran hingga 10 hari sesudah lebaran. “Umumnya, TKI pulang ke tanah air sebanyak 2 ribu orang per hari. Saat lebaran ini, jumlahnya menjadi 4 ribu orang per hari,” jelas Jumhur.

Untuk menyambut kedatangan para TKI itu, seluruh petugas di Gedung Pendataan Kepulangan TKI di Selapajang, Tangerang, Banten, diinstruksikan untuk tidak mengambil cuti selama Hari Raya Idul Fitri.

BNP2TKI pun telah menyiapkan 9 kantor pelayanan pendataan kedatangan TKI di berbagai debarkasi, yaitu di Nunukan (Kalimantan Timur), Tanjungpinang (Kepulauan Riau), Entikong (Kalimantan Barat), Selapajang (Tangerang, Banten), Bandara Adi Soemarmo (Solo, Jateng), Bandara Husein Sastranegara (Bandung, Jabar), Bandara Adi Sutjipto (Yogyakarta), Bandara Juanda (Surabaya), dan Bandara Selaparang (Mataram, NTB). Pelayanan juga disiapkan di Pelabuhan Dumai (Riau), Pelabuhan Tanjung Balai Karimun (Kepulauan Riau), Pelabuhan Belawan (Sumatera Utara).

Bareskrim Bongkar Sindikat BBM Pertamax Palsu, Manajer hingga Pengelola SPBU jadi Tersangka
Yusril Ihza Mahendra, Sidang Lanjutan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum di MK

Yusril Sindir Mahfud soal Narasi dan Petitum Gugatan Sengketa Pilpres Tak Sejalan

Ketua Kuasa Hukum Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra menyindir pernyataan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD terkait upaya mengajukan gugatan sengketa Pilpres 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024