Soal Idul Fitri, Ahmadiyah Ikut Pemerintah

Idul Fitri Di Berbagai Tempat 2011
Sumber :

VIVAnews - Sekitar 10.000 pengikut Jamaah Ahmadiyah wilayah Priangan Barat akan melaksanakan Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijiah pada Rabu 31 Agustus 2011, sesuai dengan keputusan pemerintah.

Demikian disampaikan oleh juru bicara Jamaah Ahmadiyah Priangan Barat, Rafiq Agmad Sumadi Ganda, Selasa 30 Agustus 2011 malam. "Kami dari Jamaah Ahmadiyah Priangan Barat akan mengikuti keputusan pemerintah, yaitu Hari Raya Idul Fitri pada hari Rabu," kata Rafiq.

Menurutnya, keputusan itu diambil berdasarkan hukum Islam yang mewajibkan umatnya menuruti pemerintah sebagai imam. "Kalaupun salah, berarti imamnya yang menanggung dosanya," katanya.

Pihaknya meyakini keputusan pemerintah yang telah menerjunkan ahli-ahli penentu awal bulan. "Tapi, kami tetap menghormati jika ada masyarakat yang lebih dulu merayakan Idul Fitri," ungkapnya.

Lebih lanjut, Rafiq menjelaskan bahwa kurang lebih dari sepuluh ribu Jamaah Ahmadiyah yang berada di wilayah Priangan Barat yang terbagi atas wilayah Kota Bandung, Garut dan Tasikmalaya akan melaksanakan salat Ied. Sedangkan untuk Kota Bandung sendiri, pelaksanaan salat Ied akan digelar di tiga masjid, yakni Masjid Mubarak di Jalan Pahlawan, Masjid Ashabullah di Jalan Cisarantren Kulon dan Masjid An Nasir di Jalan Haji Safari Kota Bandung.

Sebelumnya, tambah Rafiq,  Ahmadyah  telah menyalurkan zakat senilai Rp50 juta. Zakat tesebut kemudian dibagikan kepada sekitar 2.000 orang yang tidak mampu.

Laporan: Dani Wahyu Ramdani l Bandung

Nikita Mirzani Beberkan Pemicu Kandasnya Jalinan Asmara Hingga Soal Kesetiaan
Dokumentasi BNPB

3 Orang Tewas Imbas Longsor dan Banjir Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru

Banjir Lahar Dingin yang dipicu oleh intensitas hujan yang tinggi di wilayah Gunung Semeru membuat meluapnya debit air Daerah Aliran Sungai (DAS).

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024