Papandayan Siaga, Skenario Meletus Disiapkan

Gunung Papandayan
Sumber :
  • wikipedia.org

VIVAnews - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMG) kembali menaikkan status siaga Gunung Papandayan di Garut, Jawa Barat, menjadi level III. Sejak statusnya diubah pada 13 Agustus 2011 lalu, hingga kini kondisi gunung api itu belum menunjukan perubahan yang signifikan. 

Menurut juru bicara Badan Nasional Penanggulangan Becana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, status Gunung Papandayan dinaikan dari level II 'Siaga', setelah aktivitas gunung itu menunjukkan peningkatan di atas rata-rata normalnya.

"Kemarin (Kamis, 1 September 2011) terekam ada 48 kali gempa vulkanik dangkal, satu kali gempa vulkanik dalam, dan kepulan asap putih tipis setinggi 20 meter," kata Sutopo, 2 September 2011.

Kematiannya Dianggap Tak Wajar, Makam Seorang Pria di Garut Dibongkar

Karena itu, BNPB bersama PVMBG, dan BPBD Garut telah menyiapkan rencana kontijensi atau darurat. Perencanaan ini berupa persiapan dan manajemen yang digunakan untuk memastikan adanya pengaturan yang memadai dalam mengantisipasi suatu krisis. Atau dari rencana darurat itu hingga terjadinya letusan Gunung Papandayan dengan scenario terburuk.

Kemungkinan, bila terjadi letusan, ancaman dari letusan itu akan dirasakan langsung pada lima kecamatan yang meliputi 20 desa. Kecamatan itu adalah Cisurupan (10 desa), Pamulihan (empat desa), Bayongbong (dua desa), Pakenjeng (dua desa), dan Sukaresmi (dua desa).

Sementara itu, jumlah penduduk yang terkena dampak langsung dari letusan Gunung Papandayan diperkirakan sekitar 171.744 jiwa. Diperkirakan jumlah pengungsi mencapai 11.544 orang.

Wilayah dengan radius 2 km (KRB III atau kawasan rawan bahaya III) adalah kawasan paling berpotensi terlanda terlanda awan panas, aliran lava dan gas beracun. Kemudian wilayah dengan radius 4 km adalah KRB II, yang berpotensi terlanda lontaran batu pijar dan hujan abu lebat.

Sedangkan pada wilayah dengan radius 6 km atau KRB I, dari pusat erupsi berpotensi terlanda hujan abu lebat dan kemungkinan lontaran batu pijar.

Tujuh lokasi yang disiapkan untuk tempat pengungsian adalah halaman Kantor Kecamatan Sukaresmi, Yonif 303 Cibuluh, dan SKB Cisurupan, halaman Kantor Kecamatan Pamulihan, halaman Kantor Kecamatan Pakenjeng, lapangan Banyongbong, lapangan Ibrahim Ajie, dan lapangan Ngamplang. (ren)

Juru bicara militer Israel, Daniel Hagari menunjukkan bangkai rudal Iran

Klaim Tangkis 99 Persen Serangan Rudal dan Drone Iran, Pakar Militer Sebut Israel Halu

Pakar militer Israel, Or Fialkov, pada Rabu setempat mengatakan bahwa bahwa pihak berwenang Tel Aviv memberikan informasi palsu soal serangan Iran.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024