Balai Pemuda Surabaya Terbakar

Balai Pemuda Surabaya terbakar
Sumber :
  • Tudji Martudji| Surabaya

VIVAnews - Gedung Kesenian Balai Pemuda di Jalan Gubernur Suryo Surabaya terbakar. Dalam sekejap, akibat tiupan angin, kobaran api cepat membesar dan menghabiskan gedung separuh bangunan cagar budaya milik Pemerintah Kota Surabaya tersebut.

Pantauan VIVAnews.com, api menjalar dari sebuah ruangan di bagian utara bangunan cagar budaya tersebut. Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) dari sejumlah tempat langsung berdatangan dan berusaha memadamkan api. Kedatangan sejumlah unit mobil pemadam kebaran sempat tersendat akibat kepadatan ruas jalan yang bersamaan dengan aktivitas pulang kerja.

"Kobaran api terlihat sekita pukul 17.45 WIB dari ruangan sebelah utara. Saya tidak tahu kemungkinan dari konsleting listrik," kata Haris salah seorang yang sehari-hari berada di kawasan kesenian Kota Surabaya itu.

Hingga petang ini, sejumlah mobil Damkar terus berdatangan, berusaha menguasai api. Akibat besarnya kobaran api, atap bangunan tua buatan Belanda itu habis terlalap api.

Sejarah Balai Pemuda Surabaya bisa ditelusuri sejak tahun 1907. Saat itu, gedung tersebut adalah milik perkumpulan orang-orang Belanda bernama “De Simpangsche Societeit”. Pusat tempat rekreasi orang-orang Belanda untuk pesta ria, dansa, juga sebagai tempat bowling.

Pada tahun 1945, gedung tersebut dikuasai pihak pejuang RI. Dijadikan markas pemuda arek-arek Suroboyo. Laporan: Tudji Martudji | Surabaya (adi)

Skema Kredit Honda Stylo 160, Cicilan Mulai Rp1,1 Jutaan
Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Rupiah Mulai Menguat ke Level Rp 16.172 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot mulai perkasa pada perdagangan Kamis, 18 April 2024. Rupiah menguat sebesar 48 poin atau 0,29 persen ke Rp 16.172/US$.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024