Dievaluasi, Mutasi 134 Pejabat Pekanbaru

pegawai negeri sipil
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews -- Kementerian Dalam Negeri mengoreksi kebijakan pelaksana tugas Walikota Pekanbaru, Syamsurizal yang telah melakukan mutasi besar-besaran, hingga penurunan pangkat, dan penonaktifan kepada pejabat Pemerintah Kota Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru, Syamsurizal bersedia mengevaluasi kebijakannya hingga mengembalikan pangkat setiap pejabat yang mendapat demosi (penurunan pangkat) dan non job (penonaktifan).

"Kesepakatan tadi, intinya kami akan mengevaluasi kembali, memetakan kembali bagi mereka-mereka yang karena satu dan lain hal terjadi non job dan demosi untuk kami kembalikan ke dalam kedudukan dan eselon yang sama," ujar Juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenek di Gedung Kemendagri, Jakata, Jumat, 23 Spetember 2011.

Solusi tersebut disepakati usai dilaksanakannya pertemuan antara Walikota Pekanbaru Syamsurizal dan Sekretaris Jenderal Kemendagri, Diah Anggraeni yang mewakili Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi hari ini.

Menurut Reydonnyzar, Kemendagri telah menggali seluruh informasi terkait permasalahan tersebut untuk menjaga kondusifitas jalannya pemerintahan daerah serta pelayanan publik.

"Kemendagri memilih tidak memberikan teguran atau peringatan apapun, melainkan sebuah solusi yang lebih baik. Atas dasar itu pejabat Walikota akan bekerja memetakan dalam waktu dekat kemudian menyampaikan laporannya kepada Mendagri melalui Gubernur. Mendagri juga akan melakukan proses monitoring terhadap langkah dan kebijakan yang diambil oleh Walikota," papar Reydonnyzar.

Sementara itu, Walikota Pekanbaru Syamsurizal mengatakan, bahwa evaluasi ini akan dilakukan dalam jangka waktu dekat ini. Meski demikian, Syamsurizal tidak menyebut secara pastiĀ  kapan pelaksanaannya.

Menurut Syamsurizal evaluasi dengan langkah awal pemetaan ini sekaligus untuk mengurangi risiko terjadinya protes oleh pejabat yang telah menempati jabatan baru. "Evaluasi ini akan bersifat final. Kami akan petakan seluruhnya dan terus berkonsultasi dengan Sekjen Kemdagri," tegasnya.

Seperti diketahui, Jumat pekan lalu, Walikota Pekanbaru, Syamsurizal telah melakukan mutasi besar-besaran di jajaran Pemkot Pekanbaru. Sebanyak 134 orang yang dimutasi tersebut terdiri dari 11 camat, sekretaris kecamatan, puluhan lurah, dan puluhan pegawai lainnya. (eh)

Park Serpong Jadi Lokasi Bukber Dispar Banten, Intip Potensi Bisnis dan Kontribusinya ke Daerah
Ammar Zoni

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Mumpung Ramadan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024