Kepala BIN: Pelaku Bom Solo Tiru Cirebon

korban ledakan bom solo
Sumber :
  • REUTERS/Stringer

VIVAnews - Kepala Badan Intelejen Negara, Sutanto, enggan menebak motif yang melatarbelakangi pengeboman gereja di Solo, Jawa Tengah. Termasuk, apakah pelaku pengeboman ini masih satu paket dengan pengeboman di Cirebon beberapa waktu lalu.

"Mungkin. Jangan dikembangkan dulu," kata Sutanto, di Kantor Kementerian Koordinator POlitik Hukum dan Keamanan, Minggu 25 September 2011.

Sutanto enggan menyamakan bahwa pelaku bom Solo dan Cirebon, dalam satu jaringan yang sama. "Tapi kan ini bisa meniru. Bisa dikembangkan oleh masing-masing (kelompok)," kata dia.

Menurutnya, intelejen tidak dapat melihat siapa saja yang akan melakukan tindak terorisme. "Tugas kami informasi saja," kata dia. Sutanto juga belum memastikan, apakah kejadian ini termasuk bom bunuh diri atau bukan.

Sebelumnya pemerintah membantah kecolongan akibat meledaknya satu bom di rumah ibadah. Menkopolhukam, Djoko suyanto mengatakan, tidak ada yang dapat mengetahui kapan terjadinya penegboman. "Itu inisiatif pelaku," kata Djoko.
Pemerintah pun mengutuk kejadian tersebut, apapun latar belakangnya.

Pengemudi Fortuner Arogan Bikin Geram Kolonel Pom Jeffri: Gayanya Melebihi Tentara
Ekspor-Impor

Di Depan Para Pengusaha Ritel, Airlangga Sebut Aturan Impor Bakal Direvisi

Menko Ekonomi Airlangga Hartarto menyatakan bahwa Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 36 Tahun 2023 tentang Kebijakan dan Pengaturan Impor.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024