Bom Solo

Sebelum Beraksi, Pelaku Buka Laman Alqaeda

Foto korban bom di Gereja Solo
Sumber :

VIVAnews - Sebelum melakukan aksi bom bunuh diri, diduga pelaku terlebih dahulu mampir di warung internet Solonet yang letaknya tidak jauh dari Gereja Kepunton. Bahkan, terduga pelaku tersebut diketahui sempat membuka laman Alqaeda dan Arrahman.

Menurut penjaga warnet, Rina Ristriningsih, berdasarkan ciri-ciri foto pelaku bom bunuh diri sama persis dengan salah satu pengunjung warnet. "Ciri-cirinya sama dengan foto pelaku bom yang beredar. Yakni, rambut agak botak, pakai jaket krem, pakai kaca mata, berumur setengah baya dan mengenakan celana hitam," kata Rina saat ditemui di lokasi, Solo, Minggu 25 September 2011.

Orang yang diduga pelaku bom bunuh diri tersebut, dikatakan dia, datang ke warnet sekitar pukul 8.30 WIB, langsung masuk ke bilik nomor 9. Setelah itu mulai log in internet sekitar pukul 08.37 WIB. "Main internet sekitar satu jam dengan nama log in Oki," terang dia.

Selanjutnya, pada pukul 09.30 WIB kembali melakukan log in dengan berganti nama Eko. "Main tidak sampai 10 menit langsung keluar. Ketika keluar dia menitipkan tas dengan pamit mau ke WC," ujarnya.

Menurut pengakuan orang tersebut, dikatakan Rina, mengaku orang Jakarta dan bekerja di Solo. "Dia memang sempat ngobrol-ngobrol sebentar. Logat bahasanya kayak orang Jakarta," ujarnya.

Setelah itu, orang tersebut menitipkan tas berwarna hijau. "Setelah ada kabar bom meledak dan foto beredar. Orangnya memang mirip dengan orang yang datang kesini tadi pagi," katanya.

Mengetahui orang tersebut mirip, selanjutnya tas yang dititipkan pun digeledah dan isinya Alquran, sarung, masker, charge hp dan lap kacamata. "Tas tersebut langsung dibawa polisi," jelasnya.

Sedangkan berdasarkan pantauan history di bilik warnet yang dipakai orang tersebut, ternyata sempat membuka laman Alqaeda dan Arrahmah.sj  (Laporan: Fajar Sodiq | Solo)

Depok Jadi Tuan Rumah Pembukaan Pendaftaran PPK untuk Pilkada 2024
Ilustrasi konser musik.

Diduga Terganggu, Komika Usir Ibu Menyusui dan Bayinya saat Pertunjukkan

Komika Amerika Serikat (AS) Arj Barker memancing kontroversi setelah aksinya mengusir seorang ibu yang sedang menyusui bayinya di tengah pertunjukan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024