VIDEO: Menyulam Benang Emas Sambil Berdendang

Menyulam benang emas sambil berdendang di Sumbar
Sumber :
  • Topik-ANTV

VIVAnews - Sumatera Barat memang dikenal sebagai provinsi yang kaya akan beragam budaya dan kerajinan tangan. Salah satunya adalah kerajinan sulaman benang emas di Kabupaten Tanah Datar.

Namun ada yang unik dalam proses pembuatannya. Saat menyulam, para penyulam mendendangkan tembang-tembang yang berisi nasehat, baik ditujukan kepada anak maupun keluarga. Biasanya, mereka berdendang untuk menghilangkan kejenuhan.

Lihat videonya di tautan ini.

Sulaman menarik yang berhiaskan emas banyak dijumpai di Sumatera Barat. Biasanya, sulaman ini digunakan sebagai hiasan untuk menutupi dinding saat diadakan acara adat.

Pembuatannya pun terbilang sederhana. Pola dibuat terlebih dahulu di kertas minyak. Kemudian, kertas itu digunting sesuai pola dan benang pun dijahitkan di kain sesuai pola.

Harga sulaman mencapai Rp400 ribu hingga Rp 1,5 juta, tergantung besar sulaman. Tak hanya dipasarkan di Sumatera Barat, kain sulaman ini juga sudah dipasarkan di Malaysia, melalui kerabat atau keluarga yang tinggal di Malaysia.

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa
Dok. Istimewa

Kemenhub Pastikan Mudik 2024 Lancar, Intip Daerah Tujuan Terbanyak hingga Angkutan Terfavorit

Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024