Bom Solo

Jokowi Puas, Pawai Buktikan Warga Solo Rukun

Joko Widodo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Acara karnaval 'Solo Damai' yang digelar mulai pukul 15.00 WIB, telah selesai. Ribuan warga Solo tumpah ke jalan menyaksikan pawai tersebut.

Pantauan VIVAnews, pawai diikuti sekitar 1.665 peserta dari ormas, parpol, tokoh lintas agama, dan mahasiswa, juga dari latar belakang kepercayaan berbeda.

Sejumlah pertunjukan seni dan budaya juga ikut serta. Misalnya, Solo Batik Carnival -- karnaval mode berbahan dasar batik, Barongsai, Kesenian Topeng Ireng. Prajurit keraton dan kereta kencana juga nampak dalam iring-iringan.

Walikota Solo, Joko Widodo dan wakilnya, FX. Hadi Rudyatmo tak mau ketinggalan. Memakai pakaian perwayangan -- Jokowi berkostum Kresna dan Rudy berpakaian ala Werkudara, mereka berbaur dengan peserta lain, berjalan kaki.

Sementara, di panggung kehormatan, delegasi Asian Parliamentary Assembly tampak menikmati suasana partai. Tak hanya warga, anggota delegasi asing bergantian berfoto bersama Jokowi.

Semuanya nampak senang, meski palaksanaan pawai dijaga ketat pasukan aparat bersenjata lengkap.

"Saya sangat puas. Kegiatan ini berhasil menunjukkan Solo aman dan kondusif," kata Jokowi kepada VIVAnews.com, Rabu 28 September 2011.

Walikota yang gemar musik rock ini tambah bungah, saat melihat para delegasi parlemen Asia merasa senang. "Bahkan Pak Hidayat Nur Wahid dan Pak Priyo (Priyo Budi Santoso) nampak puas, geleng-geleng kepala," kata dia.

Jokowi menambahkan, pawai juga menjadi bukti, kejadian bom bunuh diri di Gereja Bethel Injil Sepenuh, Minggu 25 September 2011  tak membuat warga Solo terpuruk. "Kami tetap rukun, justru bersama-sama mengadakan festival karnaval," tambah dia. (Laporan: Fajar Sodiq | Solo, umi)

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024