Kejaksaan Agung Tangkap Pembobol BRI

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Sumber :
  • www.skyscrapercity.com

VIVAnews - Kejaksaan Agung menangkap seorang tersangka pembobol BRI Banten, Deni Kurniawan. Deni ditangkap tim penyidik pidana khusus Kejagung Kamis malam sekitar pukul 23.00 WIB di Bekasi.

"Sekarang dititipkan di Rutan Kejagung," kata Juru Bicara Kejaksaan Agung, Noor Rachmad, Jumat 7 Oktober 2011.

Deni berstatus sebagai tersangka dalam perkara penggunaan fasilitas kredit dari PT BRI Syariah Cabang Serang Banten kepada PT Nagari Jaya sentosa dan PT Javana Artha Buana sebesar Rp226 miliar.

Kredit tersebut, kata Noor, digunakan untuk pembangunan pasar tradisional di Bantar Gebang Bekasi, pembangunan Plaza Nagari Pakubuwono, dan Pembangunan Alea Cilandak Town House.

Noor menambahkan, Tim Pidana Kusus akan langsung melimpahkan berkas ke penuntutan ke Kejaksaan Negeri Serang, hari ini. "Berkasnya sudah lengkap alias P21," kata Noor.

Sebelumnya, Kejaksaan Agung telah menetapkan empat tersangka yaitu Asri Uliya (mantan pimpinan Cabang BRI Syariah Serang, Banten), Amir Abdullah (Direktur Utama PT Nagari Jaya Sentosa/NJS), Muhammad Sugirus (Direktur PT Javana Artha Buana, Komisaris Utama PT NJS), dan Dedih Wijaya (Karyawan BRI Cilegon).
 
Keempat tersangka itu dijerat Pasal 2 dan Pasal 3 Undang Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi dengan sangkaan pasal penyuapan. Deni juga dijerat dengan pasal yang sama.

Gabung Prabowo-Gibran Sebagai Pilihan Baik, Surya Paloh: Ini Pilihan Saya, Pilihan Nasdem

Selewengkan Kredit

Kasus ini berasal pada tahun 2006. Saat itu Deni menjabat sebagai ketua tim marketing PT Nagari Jaya Sentosa di Jalan Pakubuwono Jakarta Selatan bersama-sama dengan debitur dari PT Nagari Jaya Sentosa (Amir Abdullah) dan PT Javana Arta Buana (Muhammad Sugirus).

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Mereka mengajukan kredit senilai Rp226 Miliar ke BRI Syariah Cabang Serang.  Kemudian, Deni yang bertugas mengumpulkan dokumen sebanyak 438 nasabah mengajukan kredit kepada Bank BRI. Namun, setelah kreditnya cair uang itu tidak digunakan untuk pembangunan ketiga gedung itu.

"Diduga disalahgunakan oleh tersangka Deni bersama-sama debitur," kata Noor. Akibatnya, lanjut Noor, berdasarkan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), negara dirugikan sebesar Rp212 miliar. (ren)

Xiaomi, Redmi Pad Pro 2024

Xiaomi Redmi Pad Pro Dirilis Global, Intip Spesifikasi dan Harganya

Redmi Pad Pro menawarkan layar besar 12,1 inci dengan refresh rate 120Hz, performa tangguh dari Snapdragon 7s Gen 2, dan baterai 10.000 mAh yang tahan lama hingga berjam.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024