Railbus Bandara Padang Butuh Rp120 Miliar

Railbus di Solo
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Sodiq

VIVAnews - Pembangunan jalur kereta "commuter railbus" dari Kota Padang ke Bandara Internasional Minangkabau, Sumatera Barat, masih menunggu surat penetapan trase dari Menteri Perhubungan. Proyek jalur kereta ini akan dimulai pada tahun anggaran 2012.

Pembebasan lahan sepanjang 4,2 kilometer untuk membangun jalur kereta dari Stasiun Duku ke bandara telah dianggarkan dalam APBD Sumbar 2011. “Ini sudah dianggarkan Rp5 miliar," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Akmal kepada VIVAnews.com, Rabu, 12 Oktober 2011.

Menurut Akmal, pihaknya sudah mengajukan anggaran ke pusat sebesar Rp120 miliar untuk pembangunan jalur railbus sepanjang 4,2 km. Dana tersebut dianggarkan untuk membangun rel dan jembatan. “Mudah-mudahan tidak ada perubahan dari Kementerian Perhubungan,” ujar Akmal.

Jika berjalan lancar, pembangunan jalur kereta ini akan dimulai pada tahun anggaran 2012. Sejauh ini, ia mengaku, belum bisa memastikan apakah dana tersebut akan disetujui semuanya oleh pusat untuk membangun jalur kereta menuju bandara.

Bulan depan, satu set kereta commuter dijadwalkan sampai ke Padang. Hal itu diakui Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Divre Sumbar, Romeyo. “Kalau jalurnya belum disiapkan, bisa-bisa kereta ini menganggur,” ujar Romeyo.

Laporan: Eri Naldi l Padang

Polisi Usut Dugaan Pelecehan Seksual yang Dilakukan Eks Ketua DPD PSI Jakbar
Rumi Alqhatani

Saudi Arabia Makes First Debut at Miss Universe Pageant

Saudi Arabia will participate in Miss Universe 2024 for the first time in the pageant’s history.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024