Setiap Hari Masyarakat Bali Tewas Bunuh Diri

VIVAnews-Memprihatinkan, setiap harinya masyarakat Bali meninggal akibat bunuh diri. Bahkan rata-rata dari mereka adalah para lanjut usia.

"Mereka yang melakukan ini adalah para lansia yang mengidap penyakit dan tak mampu untuk berobat," ungkap Gubernur Bali I Made Mangku Pastika di sela peletakan batu pertama oleh menteri Kesehatan di RS. Sanglah, Selasa, 14 Oktober 2008.

Mantan Kapolda Bali ini mengatakan, bunuh diri dilakukan melalui cara-cara seperti gantung diri. "Mereka merasa menjadi beban hidup keluarga, untuk mengurangi itu jalan terbaik bunuh diri dan dianggap sebagai jalan terbaik,"terang Pastika.

Sakit menjadi penyebab utama orang memilih jalan bunuh diri. Faktor lainnya frustasi, faktor ekonomi karena utang maupun persoalan sepele tak mampu membeli beras.

Untuk menekan kesengsaraan masyarakat, gubernur yang terpilih langsung oleh rakyat Bali ini akan memberikan pelayanan pengobatan gratis ke sejumlah desa yang jauh dari pelayanan kesehatan seperti puskesmas maupun RS.

Sementara untuk menekan angka tersebut, pihaknya telah memprogramkan kunjungan ke setia desa-desa. “Anggaran 2009 telah ditetapkan setiap satu tim kesehatan akan mendatangi 10 desa. Ini akan terus dilakukan sampai pelayanan obat gratis ini sepi pengunjung,” paparnya.

Pastika memberikan gambaran saat dirinya berkampanye dan melakukan pengobatan gratis, dan yang datang mencapai ratusan. “Kalau sampai program ini tuntas 2009 berarti untuk 2010 bisa ditiadakan,” pungkasnya.

Data bunuh diri yang tercatat di Polda Bali tahun 2004 ada 147 orang, kemudian 2005 ada 155. Jumlah ini mengalami penurunan tahun 2006 dan 2007 terjadi masing-masing 76 kasus.

Menurut Kasubbid Publikasi Bidhumas Polda Bali AKBP Sri Harmiti, kalau jumlah ini tak mencerminkan data di lapangan. Sebab banyak kasus yang tidak dilaporkan.

“Banyak kasus yang tak dilaporkan karena wilayahnya tak terjangkau petugas sehingga langsung dikuburkan. Bisa saja, percobaan bunuh diri dan dibawa ke RS hingga nyawanya tak tertolong,” tandas Sri Harmiti. *wima saraswati, Bali.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia
Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024