Bunga Bangkai Gegerkan Warga Tuban

Bunga bangkai di Tuban (Foto: Pambudi Eko | Tuban)
Sumber :

VIVAnews - Bunga Bangkai atau yang dikenal dengan Bunga Reflesia ditemukan warga Desa Klutuk, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Penemuan bunga langka ini membuat masyarakat sekitar geger.

Bunga tersebut bermunculan ditumpukan sampah dan semak belukar, Rabu 16 November 2011. Bunga berwarna merah tua ini tumbuh secara terpisah di beberapa titik dan muncul sepekan lalu. Ukurannya pun bervariasi, mulai berdiameter sekitar 2-5 Cm dan terhingga sampai 50 Cm.

Bunga bangkai biasanya bermunculan saat musim hujan tiba. Munculnya di daerah dengan kelembaban tinggi.

Gak Betah Jadi Duda, Anwar Fuady Bakal Nikah Lagi di Umur 77 Tahun

Meski bunga tersebut berbentuk indah, namun baunya busuk dan sangat menyengat di hidung, sehingga dipenuhi lalat.

Menyembulnya bunga bangkai tersebut tak pelak menjadi tontonan warga. Bahkan, sejumlah murid Taman Kanan-Kanak (TK) yang tempatnya jauh dari lokasi bunga itu, berbondong-bondong ingin melihat bunga tersebut.

Kendati demikian, warga yang mengetahui bunga tersebut, enggan membawanya pulang untuk dipelihara. "Bunga itu tak mampu bertahan dari satu minggu. Biasanya bunga tersebut akan layu dan mati jika terkena sinar matahari," jelas Kasduri, salah satu warga setempat.

Laporan: Pambudi Eko | Tuban

Ilustrasi Demam Berdarah Dengue (DBD)

Waspada! DBD di Indonesia Melonjak Hampir 3 Kali Lipat pada Kuartal I 2024

Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) terjadi di Indonesia pada kuartal I tahun 2024. Hingga Maret 2024, terdapat 43.271 orang yang menderita DBD dan 343 jiwa meregang nyawa.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024