Polri Kenali Penembak Dua Brimob di Papua

Jenazah Nicholas Grant
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Polri menduga pelaku penembakan dua anggota Brimob di Papua pada 3 Desember 2011 sama dengan pelaku penembakan Kapolsek Mulia, Puncak Jaya, Dominggus Awes, pada Oktober lalu.

Klaim 40 Persen Pemilihnya Dukung Prabowo-Gibran, PPP Isyaratkan Siap Pindah Koalisi

Dua Brimob, Bripda Eko Afriansyah dan Bripda Eko Afriansyah tewas ditembak saat ingin menolong anggota polisi lain yang terkena penyakit Malaria di Pospol Tingginambut, Puncak Jaya Papua.

"Berdasarkan data kita memang mengetahui siapa yang menembak dua anggota Brimob, tapi kita butuh bukti yang lebih tajam lagi untuk memperjelas. Kami belum bisa sampaikan sekarang," ujar Boy, Minggu 4 Desember 2011. "Ini juga kelompok yang menyerang kapolsek ketika itu, jadi mereka terkait beberapa peristiwa di Puncak Jaya."

Dikatakan Boy, pihaknya masih melakukan penyelidikan. Polisi membutuhkan waktu lebih lama untuk menangkap para pelaku penembakan karena kondisi lapangan yang tidak mudah. Untuk penembak Dominggus Awes sendiri hingga kini masih dalam proses penyelidikan.

Boy menduga, orang yang menyerang hingga tewas dua anggota Brimob berjumlah 5 hingga 10 orang. Dia belum memastikan berapa jumlah senjata api yang dipegang oleh kelompok ini. "Yang pasti mereka menggunakan senjata api. Sementara jenisnya masih identifikasi karena baru selesai dilakukan visum, dengan luka tembakan dibagian leher dan kepala," kata Boy.

Sementara itu, jenazah kedua anggota Brimob yang tewas telah dipulangkan ke kampung halaman mereka masing-masing.  Jenazah Bripda Ferliyanto Kaluku diterbangkan dari Jayapura ke rumah duka di Palembang Sumatera Selatan pada pukul 12.20 WIT dengan pesawat Garuda dengan transit di Makassar Sulsel pukul 14.30 WIT.

Sementara, Bripda Eko Afriansyah diterbangkan dari Jayapura pukul 12.20 WIT dengan pesawat Garuda dan transit di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang pukul 16.30 WIB.

Ditetapkan Tersangka Korupsi, Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Pasrah
Machu Pichu, Peru

7 Tempat Terbaik untuk Perjalanan Petualangan di Dunia

Dunia ini dipenuhi dengan tempat-tempat yang menawarkan pengalaman petualangan tak terlupakan. Dari puncak gunung yang menantang hingga lembah yang hijau.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024